Smartphone Android Flagship dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

0
Smartphone-Android-Flagship-dengan-Chipset-Qualcomm-Snapdragon-8-Gen-3

Chipset atau System-on-a-Chip (SoC) adalah salah satu komponen paling penting pada sebuah smartphone. Ini akan menentukan pengalaman dalam pemakaian smartphone sehari-hari, mencakup dalam hal keandalan performa, kemampuan kamera, kestabilan konektivitas, dan lain sebagainya..

Pada tahun 2024, jika Anda ingin memilih smartphone Android terbaik maka harus mempertimbangkan memilih smartphone flagship dengan chipset flagship, salah satunya Snapdragon 8 Gen 3. Chipset terbaru dengan teknologi paling mutakhir dari Qualcomm ini akan menenagai sebagian besar smartphone flagship keluaran 2024.

Di bawah ini adalah daftar smartphone Android flagship dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 di Indonesia. Untuk sekarang, baru ada satu saja yaitu iQOO 12 dan akan diperbarui rutin ke depannya.

Smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

1. iQOO 12 dan Keunggulannya

iQOO-12-dan-Keunggulannya

iQOO, sub-brand dari vivo menjadi yang pertama meluncurkan smartphone Android flagship dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, yaitu iQOO 12. Perangkat ini dijual seharga Rp10.999.000 dengan konfigurasi memori yang sangat lapang.

Tak tanggung-tanggung, iQOO menyertakan RAM LPDDR5X berkapasitas 16GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 sebesar 512GB. Bila masing kurang, ada opsi Extended RAM hingga 16GB. Tentunya tidak perlu menyia-nyiakan ruang penyimpanan untuk RAM virtual, karena RAM 16GB sudah lebih dari cukup untuk menangani tugas berat apa pun di smartphone.

Selain itu, iQOO 12 mengunggulkan layar LTPO AMOLED 6,78 inci 144Hz dengan Supercomputing Chip Q1 untuk memberikan peningkatan visual ketika bermain game. Kamera utamanya 50MP OIS dengan sensor OmniVision OV50H berukuran 1/1.3 inci dan kamera 64MP dengan lensa telephoto periscope yang bisa melakukan 3x optical zoom dan hingga 100x secara digital.

Keunggulan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Sekilas mengenai keunggulan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, SoC ini dibangun pada process node 4 nm TSMC. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, CPU octa-core pada Snapdragon 8 Gen 3 menjanjikan peningkatan performa hingga 30% dan efisiensi daya sebanyak 20%.

Qualcomm menggunakan prosesor Kryo baru dengan konfigurasi, satu prime core atau inti utama yang berbasis Cortex-X4 dengan kecepatan clock hingga 3,3 GHz. Berpadu lima inti performa berbasis Cortex-A720 yang berjalan hingga 3,2 GHz dan dua inti efisiensi Cortex-A520 pada 2,3 GHz.

Dari segi GPU, Adreno 750 di dalam Snapdragon 8 Gen 3 menjanjikan kemampuan grafis dengan performa 25% lebih cepat, 25% lebih hemat daya, dan ditambah ray tracing dengan Global Illumination yang 40% lebih baik dibandingkan pendahulunya. Qualcomm juga menyertakan rangkaian fitur Snapdragon Elite Gaming yang mampu menentang konsol.

Mulai dari dukungan layar 240Hz untuk pengalaman bermain game yang sangat mulus pada 240fps, Unreal Engine 5.2 dengan MetaHumans framework yang dapat menampilkan karakter manusia yang lebih realistis, dan Snapdragon Game Super Resolution yang dapat meningkatkan adegan game hingga resolusi 8K.

Qualcomm juga menanamkan AI berkinerja tinggi di seluruh sistem. Dengan AI Engine yang kini mendukung model AI generatif multi-modal dan model bahasa besar (LLM) yang populer untuk pengenalan suara. Chip ini dapat menjalankan hingga 20 token per detik, sehingga asisten AI dapat merespon pengguna dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *