Pengembang Otomotif Adopsi NVIDIA Omniverse

0

Industri otomotif sedang bergerak ke ranah digital, dengan prediksi bahwa sebagian besar pembelian mobil baru akan dilakukan secara online pada tahun 2030. Konfigurator online, melampaui sekadar hiburan, kini menjadi kunci bagi pabrikan mobil untuk memamerkan keunikan merek, meningkatkan harga jual dan membantu pelanggan memilih serta mempersonalisasi kendaraan impian mereka.

NVIDIA Omniverse hadir sebagai platform perangkat lunak canggih yang merevolusi konfigurator mobil tradisional. Bayangkan Anda bisa mengubah warna mobil seketika atau menyesuaikan interior dengan sentuhan akhir mewah, semuanya dalam lingkungan realistis dan interaktif. Ini bukan lagi fantasi, melainkan pengalaman nyata yang dimungkinkan oleh teknologi NVIDIA.

Studi menunjukkan bahwa 80% calon pembeli tertarik pada merek yang menawarkan sentuhan personal. Untuk memenuhi permintaan ini, ekosistem mitra dan pelanggan NVIDIA Omniverse, termasuk BITONE, Brickland, Configit, Katana Studio Ltd., WPP, dan ZeroLight, tengah mengembangkan konfigurator bertenaga Omniverse. Pabrikan ternama seperti Lotus pun tak mau ketinggalan untuk mengadopsi solusi canggih ini.

Keunggulan Omniverse dibanding konfigurator tradisional terletak pada kemampuan simulasinya yang mutakhir. Omniverse tidak terpaku pada gambar statis, melainkan memanfaatkan berbagai jenis data dari desain hingga teknik, memungkinkan representasi lingkungan dinamis dan personalisasi tingkat tinggi. Hal ini tidak hanya berdampak pada pengalaman visual yang lebih kaya bagi pelanggan, tetapi juga di balik layar, dengan simplifikasi pembaruan konfigurator dan efisiensi bagi pabrikan dan agensi.

Bagi pengembang perangkat lunak dan penyedia layanan, Omniverse menawarkan kemudahan dalam merancang pengalaman 3D canggih dan memukau. Kemampuannya dalam menyatukan data desain dan teknik dalam alur kerja terpadu serta menghasilkan materi pemasaran yang beragam dan dipersonalisasi, membuka peluang besar untuk meningkatkan engagement pelanggan.

Untuk memastikan kompatibilitas di berbagai perangkat, NVIDIA Graphics Delivery Network (GDN) hadir dengan kemampuan menghadirkan viewport NVIDIA RTX real-time berkualitas tinggi dalam aplikasi web. Dukungan terhadap lingkungan berskala besar dan grafis akurat secara fisik, membebaskan pengembang untuk fokus pada peningkatan pengalaman pengguna tanpa mengorbankan kualitas, bahkan pada perangkat dengan spesifikasi lebih rendah.

Gambar: Bing

Omniverse Cloud memanfaatkan GDN untuk menyediakan akses tak terbatas ke pengalaman interaktif 3D berkualitas tinggi melalui infrastruktur cloud streaming NVIDIA. Konfigurator yang dijalankan di GDN dapat dengan mudah dipublikasikan dalam skala besar menggunakan arsitektur GPU yang sama dengan yang digunakan untuk pengembangan, dan dialirkan ke hampir semua perangkat.

Ekosistem mitra dan pelanggan NVIDIA Omniverse yang kian berkembang menjadi bukti nyata kehadiran era baru dalam desain otomotif dan interaksi pelanggan. Dengan Lotus di garda depan, pengembangan pengalaman pengguna dealer interaktif menggunakan Omniverse dan teknologi kecerdasan buatan generatif seperti NVIDIA Avatar Cloud Engine dan NVIDIA Omniverse Audio2Face, masa depan konfigurasi mobil yang realistis, personal, dan mudah diakses pun semakin dekat.

Sumber: Blog NVIDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *