Ad imageAd image

Microsoft Luncurkan DirectSR Preview: Integrasi Upscaler oleh Developer Lebih Mudah

Dimas Galih Windudjati

Microsoft baru saja secara resmi merilis DirectSR dalam versi preview. DirectSR adalah sebuah API yang dikembangkan bersama AMD, Intel, dan Nvidia. Fungsinya adalah untuk mempermudah integrasi teknologi upscaler DLSS, FSR, dan XeSS ke dalam game DirectX 12. Dengan DirectSR, developer cukup menulis kode sekali untuk menggunakan ketiga upscaler tersebut, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

DirectSR saat ini tersedia melalui Agility SDK 1.714.0 preview dari Microsoft. Paket ini sudah termasuk dukungan bawaan untuk FSR 2.2. Sementara untuk dukungan DLSS dan XeSS melalui DirectSR, pengguna memerlukan driver terbaru dari Nvidia dan Intel.

DirectSR mirip dengan Streamline SDK milik Nvidia yang juga mendukung integrasi upscaler pihak ketiga selain DLSS. Namun, DirectSR memiliki keunggulan karena terintegrasi langsung dengan pipeline DirectX 12, sehingga berpotensi lebih diminati developer.

Meski secara teknis DirectSR menawarkan cara alternatif untuk integrasi DLSS, XeSS, dan FSR, dukungan driver grafis tetap diperlukan untuk fungsi upscaler spesifik hardware. Misalnya, driver lama untuk DLSS dan XeSS versi XMX (Intel) tidak kompatibel dengan DirectSR. Pengguna perlu memperbarui driver agar bisa memanfaatkan DirectSR.

Microsoft menjanjikan kehadiran dukungan bawaan untuk varian upscaler yang tidak tergantung jenis GPU, sehingga pengguna tidak perlu lagi memperbarui driver. Saat ini, DirectSR preview hanya mendukung FSR 2.2 secara bawaan. Kita bisa berharap kehadiran dukungan untuk DP4a dari Intel (versi XeSS yang tidak tergantung GPU) pada update selanjutnya, kemungkinan besar pada versi final DirectSR.

Kehadiran DirectSR tentunya disambut baik oleh para developer game. Integrasi upscaler yang lebih mudah dan efisien akan mendorong penggunaan teknologi ini di game modern, khususnya game DirectX 12. Dukungan DirectSR diharapkan hadir di game baru maupun game yang sudah ada. Namun, adopsi luas DirectSR kemungkinan baru terjadi setelah peluncuran versi final.

Meski belum ada versi DirectSR untuk Vulkan, Streamline SDK dari Nvidia masih bisa menjadi solusi sementara. Semoga saja, DirectSR bisa menyatukan persaingan dalam fitur upscaling sehingga para gamer awam menjadi tidak bingung saat bermain game.

sumber: Microsoft

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *