Indosat Lepas Data Center, Diakuisisi BDx Indonesia

0

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan BDx Indonesia, perusahaan patungan Indosat, BDx Data Centers (BDx), dan Lintasarta, mengumumkan akuisisi portofolio carrier-neutral colocation dan edge sites di kota-kota besar Indonesia. Akuisisi ini mencakup sepuluh lokasi strategis yang terhubung ke enam kabel laut dalam negeri dan lima kabel laut internasional.

Dengan akuisisi ini, BDx Indonesia akan memiliki kapasitas TI dengan total lebih dari 150MW+ di Indonesia melalui sepuluh fasilitas kolokasi, termasuk fasilitas baru yang sedang dibangun di kawasan seputar Jakarta sebesar 15MW. Fasilitas ini diperkirakan siap untuk beroperasi pada kuartal keempat tahun 2024. Selain itu, BDx Indonesia juga akan memiliki hyperscale campus sebesar 100MW di Suryacipta, Jakarta Timur, dan carrier-neutral edge site di semua pulau besar Indonesia yang dibangun sesuai dengan spesifikasi desain ramah lingkungan dan mampu mempercepat digitalisasi masyarakat Indonesia.

“Kami senang dapat berperan dalam membentuk masa depan digital Indonesia lewat kolaborasi berdampak ini,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. “Transaksi ini menegaskan dedikasi kami untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan mendorong evolusi Indosat dari Telco menjadi TechCo. Berkolaborasi dengan BDx Indonesia tidak hanya meningkatkan layanan pelanggan kami tetapi juga memperkuat komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Lebih lanjut, dengan menyelaraskan tujuan besar kami menjadikan Indosat dan BDx Indonesia berkontribusi dalam peningkatan lanskap teknologi bangsa ini.”

Mayank Srivastava, Chief Executive Officer BDx, mengatakan: “Akuisisi ini merupakan bukti komitmen BDx Indonesia terhadap masa depan digital Indonesia. Tak hanya itu, kolaborasi ini merupakan bentuk nyata kemampuan teknis dan operasional BDx yang memberikan keyakinan pada mitra kami untuk mengalihkan portofolio pusat data dan edge site mereka kepada kami. Kami adalah penyedia pusat data carrier-neutral terkemuka. Dengan perluasan portfolio ini, kami siap menjadi mitra pilihan untuk digitalisasi di Indonesia.”

Akuisisi ini merupakan langkah penting bagi Indosat dan BDx Indonesia dalam memperluas ekosistem pusat data mereka di Indonesia. Dengan tambahan kapasitas dan lokasi baru, kedua perusahaan ini akan lebih siap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat, baik dari sektor swasta maupun pemerintah.

Dampak positif bagi Indonesia

Akuisisi ini memiliki sejumlah dampak positif bagi Indonesia, di antaranya:

  • Mempercepat transformasi digital. Dengan kapasitas dan lokasi yang lebih luas, BDx Indonesia dapat menyediakan layanan pusat data yang lebih terjangkau dan andal bagi pelaku usaha, penyedia layanan cloud, dan lembaga pemerintah. Hal ini akan membantu mempercepat transformasi digital di Indonesia.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan. Pembangunan dan pengoperasian pusat data membutuhkan tenaga kerja yang terampil. Akuisisi ini akan menciptakan lapangan pekerjaan baru di berbagai bidang, seperti teknik, manajemen, dan layanan pelanggan.
  • Meningkatkan ekonomi digital. Pusat data merupakan infrastruktur penting bagi ekonomi digital. Dengan perluasan ekosistem pusat data di Indonesia, BDx Indonesia akan berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Indosat dan BDx Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra pilihan dalam transformasi digital Indonesia. Dengan kolaborasi ini, kedua perusahaan ini akan terus berinovasi untuk menyediakan solusi pusat data yang berkelanjutan dan inovatif bagi pelanggan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *