Indosat Bermitra dengan Microsoft, Percepat Perubahan ke AI Native TechCo

Dimas Galih Windudjati

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus menegaskan komitmennya dalam bertransformasi menjadi perusahaan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI). Perusahaan ini memaksimalkan penggunaan AI dalam seluruh operasional untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat Indonesia. Dalam upaya ini, Indosat melanjutkan kemitraan strategisnya dengan Microsoft.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, Indosat memanfaatkan Copilot for Microsoft 365. Ini adalah asisten AI terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja. Teknologi ini membantu menghubungkan masyarakat di berbagai pulau di Indonesia.

Sanjeev Rawat, Chief Digital Officer Indosat, menyatakan misi perusahaan sejalan dengan kemitraan Microsoft. “Kami tidak sekadar mengintegrasikan AI ke dalam strategi; kami juga mengedepankan inovasi. Tujuan kami adalah memberdayakan setiap individu Indonesia dengan solusi berbasis AI. Kami memastikan teknologi memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata Sanjeev.

Indosat berkolaborasi dengan microsoft dengan memakai AI Copilot

Pendekatan Indosat ini didukung oleh Microsoft’s Work Trend Index 2024. Laporan tersebut menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan meningkatnya penggunaan AI. Studi ini menemukan bahwa 92% profesional di Indonesia sudah menggunakan AI generatif di tempat kerja. Selain itu, 92% pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing. Tingginya tingkat adopsi ini menandakan pentingnya teknologi AI di berbagai sektor tenaga kerja.

Pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan. Hal ini juga mengubah AI menjadi keuntungan nyata bagi bisnis. “Kami seringkali terjebak dalam aspek teknis, menyisakan sedikit waktu untuk tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten,” jelas Sanjeev. Copilot for Microsoft 365 menjadi mitra luar biasa bagi tim Indosat. Asisten ini menyederhanakan tugas mereka dan memungkinkan fokus pada inisiatif strategis.

Dengan efisiensi pengelolaan sumber daya, Indosat bisa meningkatkan kualitas layanan untuk lebih dari 100 juta pelanggannya. Hal ini turut mendorong pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Copilot for Microsoft 365 mempermudah pekerjaan seperti mengatur jadwal, merangkum rapat, dan menyiapkan email. Penggunaannya di Indosat meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain seperti SDM, B2B, dan Jaringan.

Dalam perjalanan transformasinya, Indosat didukung Microsoft untuk memanfaatkan Copilot demi meningkatkan dampak bisnis. Ini juga berkontribusi strategis terhadap konektivitas digital. Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, menyatakan dukungannya. “Kami merasa terhormat mendukung transformasi AI Indosat dari Telco menjadi TechCo. Integrasi Microsoft Copilot meningkatkan produktivitas internal dan menciptakan dampak luas. Melalui efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia,” ujar Dharma.

Transformasi ini menjadi bukti kekuatan teknologi dalam mendorong dampak sosial. Microsoft sangat antusias menjadi bagian dari perjalanan ini. Dengan langkah ini, Indosat menunjukkan komitmen kuatnya dalam mengedepankan inovasi dan teknologi untuk masa depan Indonesia yang lebih terhubung dan maju.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *