Ad imageAd image

Even Dimmer Bakal Hadir di Android 15, Nyaman untuk Mata

DiGaL
By DiGaL

Pengguna smartphone biasanya gemar menggunakan perangkat mereka sebelum tidur. Sayangnya, hal ini dapat merusak kesehatan mata. Sementara Android tidak bisa mencegah kebiasaan ini, sistem operasi tersebut menawarkan beberapa fitur layar untuk mengurangi kelelahan mata.

Salah satu fitur yang tersedia adalah filter cahaya biru dan kecerahan adaptif. Namun, kecerahan layar pada beberapa ponsel pintar tidak bisa cukup redup untuk penggunaan nyaman di malam hari. Masalah ini mungkin teratasi dengan fitur baru bernama “even dimmer” yang akan hadir di Android 15.

Kecerahan adaptif secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan cahaya sekitar menggunakan sensor khusus. Namun, kemampuan meredupkan layar ini berbeda-beda tergantung jenis panel yang digunakan. Panel kualitas tinggi memiliki jangkauan kecerahan lebih luas, sementara panel kualitas rendah lebih terbatas.

Akibatnya, kecerahan minimum yang diatur secara otomatis bisa berbeda antar ponsel pintar. Untuk mengatasi hal ini, Android 12 memperkenalkan fitur “extra dim” di menu aksesibilitas. Fitur ini dapat meredupkan layar melebihi kecerahan minimum bawaan ponsel.

“Extra dim” bekerja dengan mengurangi intensitas warna cerah yang ditampilkan di layar. Fitur ini ideal untuk pengguna dengan kebutuhan aksesibilitas tertentu dan penggunaannya perlu diaktifkan secara manual.

Berbeda dengan “extra dim”, “even dimmer” di Android 15 kemungkinan besar akan diaktifkan secara permanen. Fitur ini belum tersedia di Android 15 Beta 1, tetapi nanti akan muncul di menu pengaturan “Display” di bawah pengaturan “adaptive brightness”.

Berdasarkan source code-nya, “even dimmer” memungkinkan ponsel pintar untuk meredupkan layar lebih rendah dari biasanya. Analis layar ponsel pintar Dylan Raga memperkirakan fitur ini akan bekerja dengan kecerahan adaptif untuk menurunkan kecerahan secara otomatis di kondisi cahaya sangat minim.

Dengan “even dimmer”, pengguna tidak perlu lagi repot-repot menyalakan “extra dim” secara manual di malam hari. Selain itu, “even dimmer” terintegrasi dengan kecerahan adaptif sehingga dapat menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan cahaya sekitar secara otomatis, kemampuan yang tidak dimiliki “extra dim”.

Meskipun “even dimmer” belum tersedia di Android 15 Beta 1, informasi yang didapat melalui analisa kode ini menarik. Semoga prediksi mengenai “even dimmer” akurat karena fitur ini berpotensi sangat berguna untuk pengguna Android.

Sumber: AndroidAuthority

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *