Android Bakal Luncurkan ‘Repair Mode’ untuk Semua Perangkat

0

Semua smartphone yang kita gunakan tentu saja rentan terhadap sebuah kerusakan dan memerlukan perbaikan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mem-backup data mereka sehingga akan hilang pada saat diperbaiki. Tidak hanya itu, saat kita masukkan perangkat yang rusak ke sebuah pusat layanan servis, data selalu akan dihilangkan.

Oleh karena itu, Google sepertinya ingin membuat semua orang sedikit merasa lega saat perangkatnya membutuhkan perbaikan. Google akan memberikan fitur mode perbaikan ke dalam sistem operasi Android bawaannya.

Google telah menambahkan konfigurasi yang memungkinkan pengguna mengaktifkan atau menonaktifkan dukungan untuk mode perbaikan. Mode perbaikan ini dibuat untuk menciptakan lingkungan yang aman guna melindungi privasi pengguna saat perangkat mereka sedang dalam proses perbaikan. Meskipun mode ini dimatikan secara default, produsen perangkat (OEM) dapat memutuskan untuk mengaktifkannya jika mereka juga memiliki fitur serupa di perangkat mereka.

Mode perbaikan akan memungkinkan pengguna mengirim perangkat mereka untuk diperbaiki tanpa perlu menghapus data yang ada di dalamnya. Ketika perangkat berada dalam mode perbaikan, teknisi layanan tidak akan dapat mengakses aplikasi dan data pribadi pengguna, namun masih dapat memeriksa fungsionalitas sistem ponsel untuk keperluan diagnostik.

Mekanisme dari mode perbaikan menggunakan Dynamic System Updates, yang memungkinkan smartphone Android untuk boot ke dalam Generic System Image (GSI). Namun, alih-alih booting ke GSI, mode perbaikan menggunakan image sistem asli yang digabungkan dengan image data pengguna yang baru, menciptakan OS yang bersih. Ketika pengguna keluar dari mode perbaikan, instansi ini dihapus, dan Anda akan boot kembali ke image data pengguna sebelumnya.

Proses masuk dan keluar dari mode perbaikan akan memerlukan kata sandi layar kunci. Hal ini menjamin bahwa teknisi yang melakukan perbaikan tidak akan dapat mengakses data pribadi pengguna, bahkan setelah perangkat di-reboot.

Google sendiri dijadwalkan akan menyertakan Mode Perbaikan pada ponsel Pixel dengan pembaruan Fitur Desember 2023. Tambahannya, mode perbaikan ini dirancang untuk seluruh ekosistem Android, dan diharapkan akan tersedia pada rilis sistem operasi Android di masa mendatang. Jadi, saat Anda perlu mengirimkan ponsel Anda untuk perbaikan, misalnya karena masalah layar atau kerusakan lain yang tidak memengaruhi data, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data pribadi Anda.

Sumber: AndroidAuthority

Gambar: Mishaal Rahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *