Ad imageAd image

Samsung Perkenalkan LPCAMM, RAM Baru untuk Komputer

Dimas Galih Windudjati

Samsung Electronics mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan form factor RAM baru, yaitu Low Power Compression Add-on Memory Module (LPCAMM) 7,5Gbps ( sekitar 0,9375GB/s ) pertamanya. LPCAMM adalah modul memori yang dapat dilepas yang dirancang untuk komputer pribadi (PC) dan laptop.

LPCAMM menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan DRAM LPDDR tradisional dan SO-DIMM berbasis DDR untuk laptop. Hal tersebut seperti:

  • Lebih mudah untuk diganti atau ditingkatkan: LPCAMM dapat dilepas, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengganti atau meningkatkan memori PC atau laptop mereka. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang, dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat mereka dengan kebutuhan mereka.
  • Ukuran lebih kecil: LPCAMM berukuran 60% lebih kecil daripada So-DIMM. Hal ini dapat menghemat ruang interior perangkat, yang dapat bermanfaat untuk perangkat yang ringkas atau portabel.
  • Kinerja dan efisiensi energi yang lebih baik: LPCAMM menawarkan kinerja dan efisiensi energi yang lebih baik daripada DRAM LPDDR tradisional. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memperpanjang masa pakai baterai perangkat.

Karena keterbatasan struktural, LPDDR perlu dipasang langsung pada motherboard setiap perangkat. Hal ini membuatnya sulit untuk diganti untuk keperluan service atau upgrade. Sebaliknya, meskipun So-DIMM dapat dipasang atau dilepas dengan lebih mudah, ia masih memiliki banyak keterbatasan dalam hal kinerja.

LPCAMM Samsung dual-channel hadir dalam pilihan kapasitas 32, 64, dan 128GB. Hal tersebut berarati bahwa Samsung menghadirkan lempengan memori yang luas dalam form factor baru yang sangat kecil.

Samsung mengatakan bahwa LPCAMM telah menyelesaikan verifikasi sistem pada platform Intel. Samsung akan menguji LPCAMM dengan pelanggan utama, termasuk Intel, pada sistem generasi berikutnya tahun ini dan berencana untuk mengkomersialkannya pada tahun 2024.

LPCAMM dapat memiliki dampak signifikan pada pasar DRAM untuk PC dan laptop. Modul yang dapat dilepas dan efisien ini dapat membuat perangkat lebih mudah diakses dan terjangkau bagi pengguna. LPCAMM juga dapat membuka peluang baru bagi produsen perangkat untuk berinovasi dan menciptakan desain yang lebih inovatif dan hemat ruang.

Sumber: ITHome

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *