Sebentar Lagi, Update Windows Tidak Perlu Restart

0

Bagi pengguna Windows, update sistem kerap menjadi momok. Pasalnya, proses instalasi pembaruan seringkali mengharuskan restart komputer, mengganggu alur kerja atau sesi permainan yang sedang berlangsung. Biasanya, update keamanan bulanan dari Microsoft inilah yang menjadi biang keladinya.

Namun, kabar baik datang dari Microsoft. Raksasa teknologi ini sedang menguji metode update baru bernama “hot patching” untuk Windows 11. Hot patching sendiri tidak asing lagi bagi pengguna Windows Server dan Xbox, dan kini tampaknya akan diadopsi untuk perangkat Windows 11.

Pengujian hot patching saat ini dilakukan pada build terbaru Windows 11 Dev Channel dengan syarat fitur “Virtualization Based Security” diaktifkan. Setelah instalasi, string versi Windows akan berubah menjadi “ge_release_svc_hotpatch_prod1.240211-0859.”

Lantas, bagaimana cara kerja hot patching? Menurut dokumentasi Microsoft, metode ini bekerja dengan “menambal kode proses yang sedang berjalan di memori tanpa perlu restart proses tersebut.”

Berdasarkan sumber terpercaya, Microsoft berniat menggunakan hot patching untuk menghadirkan update keamanan bulanan pada Windows 11 tanpa mengharuskan pengguna untuk restart. Namun, ini tidak berarti Anda bisa lepas sepenuhnya dari restart. Hot patching tetap membutuhkan update dasar yang mengharuskan restart setiap beberapa bulan sekali.

Dalam skenario ideal, hanya empat update keamanan bulanan yang membutuhkan restart dalam setahun, yakni pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Bulan-bulan lainnya akan dilayani melalui hot patching tanpa restart. Tentunya, update keamanan besar, perbaikan bug, dan update fitur tetap dapat hadir kapan saja jika diperlukan, dan akan tetap membutuhkan restart meskipun bukan pada bulan-bulan tersebut.

Rencananya, Microsoft akan meluncurkan hot patching bersamaan dengan rilis Windows 11 versi 24H2 akhir tahun ini untuk perangkat x86-64. Perangkat ARM64 dijadwalkan mendapat dukungan hot patching pada tahun 2025, dengan catatan tidak terjadi penundaan. Hingga saat ini, belum jelas apakah hot patching akan tersedia untuk semua pengguna Windows 11, atau hanya khusus untuk edisi komersial seperti Enterprise, Education, dan Windows 365.

Kehadiran hot patching tentu disambut baik oleh pengguna Windows 11. Opsi update tanpa restart ini akan meningkatkan produktivitas dan kenyamanan, terutama bagi pengguna yang aktif menggunakan komputer untuk bekerja atau bermain game. Mari kita nantikan kehadiran hot patching di Windows 11 pada akhir tahun ini!

Sumber: WindowsCentral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *