WiFi Alliance Resmikan Sertifikasi Perangkat WiFi 7

0

Sepertinya era baru jaringan nirkabel telah tiba. Wi-Fi Alliance telah memulai proses sertifikasi untuk perangkat Wi-Fi 7, memastikan bahwa mereka memenuhi standar dan dapat bekerja antar perangkat dengan baik.

Wi-Fi 7 diharapkan untuk melampaui standar saat ini dalam hal transmisi media berbanding lebar tinggi dan permainan nirkabel berlatensi rendah. Ini sangat penting untuk popularitas permainan VR dan pekerjaan jarak jauh. CEO Wi-Fi Alliance, Kevin Robinson, menyatakan bahwa Wi-Fi 7 adalah standar pertama yang dirancang khusus untuk frekuensi 6GHz, yang memiliki spektrum nirkabel yang lebih luas dan lebih cepat. Wi-Fi 6E sebelumnya telah mendukung frekuensi ini.

Meskipun router Wi-Fi 7 sudah ada di pasaran, beberapa produk bahkan telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Namun, masih belum diketahui apakah produk-produk ini akan mendapatkan sertifikasi dari Wi-Fi Alliance. Sertifikasi ini dapat memberikan rasa aman bagi konsumen saat membeli, memastikan kompatibilitas antar perangkat.

Sejak panduan Wi-Fi 7 dirilis pada Oktober tahun lalu, standar ini tidak mengalami banyak perubahan. Dibandingkan dengan standar Wi-Fi 5, 6, dan 6E, lebar pita saluran Wi-Fi 7 telah berlipat ganda, dari 160MHz menjadi 320MHz, dengan kecepatan transmisi teoritis sekitar 46Gbps.

Salah satu fitur baru penting Wi-Fi 7 adalah operasi multi-link (MLO), sebuah fitur baru yang diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh Wi-Fi 7. Dalam standar Wi-Fi sebelumnya, transmisi data antara dua perangkat hanya dilakukan melalui satu koneksi (link), yaitu saluran radio tertentu pada frekuensi tertentu. Dengan MLO, dua perangkat dapat membuat beberapa link secara bersamaan. Misalnya, dua perangkat tiga frekuensi dapat berkomunikasi secara paralel pada frekuensi 2.4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz.

Namun, Robinson juga menunjukkan bahwa tidak semua router mendukung koneksi ke tiga frekuensi secara bersamaan. Misalnya, router yang lebih terjangkau mungkin hanya dapat terhubung ke dua frekuensi sekaligus. Meski demikian, ini tetap merupakan kemajuan besar, mengingat router terbaik saat ini hanya mendukung koneksi ke satu frekuensi per perangkat. Namun, jika Anda ingin merasakan kekuatan penuh Wi-Fi 7, Anda mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak uang.

Wi-Fi Alliance menyatakan bahwa Wi-Fi 7 juga memiliki beberapa titik teknologi lainnya, seperti efisiensi yang lebih tinggi, throughput, dan stabilitas. Selain itu, perangkat Wi-Fi 7 kompatibel dengan versi Wi-Fi sebelumnya.

Sumber: ITHome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *