Ad imageAd image

WhatsApp Sedang Kembangkan Fitur Berbagi File antar Perangkat Smartphone

Dimas Galih Windudjati

Sebuah fitur baru sedang dikembangkan oleh WhatsApp untuk mempermudah berbagi file dengan orang-orang yang berada di sekitar kita. Fitur ini ditemukan pada update beta WhatsApp untuk Android versi 2.24.9.22.

Pengguna nantinya akan dapat menemukan menu tersendiri untuk berbagi file dengan orang terdekat. Menu ini akan muncul di dalam pengaturan aplikasi, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengatur fitur berbagi file.

Untuk menggunakan fitur ini, kedua belah pihak harus sama-sama menyalakan fitur berbagi file terdekat di perangkat mereka masing-masing. Hal ini tentunya menjamin privasi pengguna karena tidak sembarang orang bisa berbagi file dengan pengguna lain.

Sebagai tambahan, keamanan data juga diutamakan. WhatsApp memastikan proses berbagi file selalu terenkripsi ujung-ke-ujung, dan nomor telepon pengguna akan disembunyikan selama proses berbagi file berlangsung.

Izin yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur ini meliputi akses ke foto, media, dan file yang tersimpan di perangkat, serta izin untuk mendeteksi dan terhubung ke perangkat lain pada jaringan lokal. Selain itu, izin lokasi juga diperlukan untuk mengidentifikasi dan menentukan posisi perangkat lain yang berada di dekatnya. Izin-izin tersebut dapat dicabut sewaktu-waktu melalui pengaturan perangkat, sehingga pengguna memiliki kontrol penuh terhadap privasi mereka.

Kehadiran fitur berbagi file dengan orang terdekat ini menawarkan beberapa keuntungan. Pengguna dapat berbagi dokumen, foto, dan video dengan lebih mudah dan cepat, tanpa perlu menggunakan chat WhatsApp atau layanan penyimpanan cloud terlebih dahulu.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file berukuran besar secara langsung, tanpa memerlukan koneksi internet. Hal ini tentunya bermanfaat bagi pengguna yang berada di daerah dengan jaringan internet terbatas atau tidak stabil.

Meskipun sedang dalam tahap pengembangan, belum ada kepastian kapan fitur ini akan dirilis secara resmi. WhatsApp mungkin akan melakukan pengujian internal terlebih dahulu untuk mengetahui apakah fitur ini sesuai dengan kebutuhan dan harapan penggunanya.

Pada saat fitur ini secara resmi bisa digunakan oleh semua orang, pengiriman file nantinya tidak akan lagi terbatas oleh sistem operasi. Semoga saja fitur ini bisa melakukan transfer file dari Android ke iPhone serta ke PC. Dan yang paling penting, kita tidak perlu lagi aplikasi tambahan yang hanya akan memenuhi penyimpanan internal.

Sumber: WABetaInfo

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *