Fitur dan Spesifikasi Smartphone Gaming Terbaru ASUS ROG Phone 8 dan 8 Pro

0
Fitur-dan-Spesifikasi-Smartphone-Gaming-Terbaru-ASUS-ROG-Phone-8-dan-8-Pro

Sampai saat ini, ASUS adalah satu dari beberapa yang menawarkan smartphone gaming secara konsisten. Kini mereka telah memperkenalkan ROG Phone 8 dan ROG Phone 8 Pro yang didesain ulang agar lebih nyaman digunakan sebagai daily driver. Mari bahas lebih detail.

Fitur dan Peningkatan ASUS ROG Phone 8

ROG Phone 8 Series memiliki dimensi yang lebih ringkas dan ringan dari pendahulunya, yakni 163,8×76,8×8,9 mm dengan berat 225 gram. Sebagai pembanding, dimensi ROG Phone 7 adalah 173x77x10,3 mm dan beratnya 239 gram.

Selain itu, bodinya lebih tangguh dengan sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Sasisnya memakai aluminium, depan berlapis Gorilla Glass Victus 2 dan belakang Gorilla Glass.

ASUS-ROG-Phone-8-2

Dengan bodi yang lebih tipis 8,9 mm, kapasitas baterai yang tertanam dikurangi menjadi 5.500 mAh atau turun 500 mAh. Namun berkat hardware yang dioptimalkan, ASUS menjanjikan bahwa masa pakai baterainya hampir sama dengan model tahun lalu.

Layar tetap berukuran 6,78 inci, tetapi dengan bezel atas yang lebih tipis sehingga kini memakai punch hole untuk menempatkan kamera depan 32MP. Kecerahan puncaknya telah ditingkatkan menjadi 2.500 nits.

Panel baru Samsung Flexible AMOLED yang dipakai memiliki refresh rate 165Hz seperti sebelumnya. Namun berteknologi LTPO sehingga dapat beralih ke refresh rate variabel antara 1Hz dan 120Hz.

Kamera ASUS ROG Phone 8

Ke aspek kamera, ASUS juga meningkatkan konfigurasinya agar tetap andal seperti halnya smartphone flagship pada umumnya. Ada tiga unit kamera di belakang, dengan desain modul kamera yang diperbarui.

Kamera utamanya 50MP dengan sensor gambar flagship Sony IMX890 yang berukuran 1/1.56 inci dan berteknologi Quad Bayer yang menghasilkan foto 12,5MP dengan piksel besar 2 ┬Ám. Di atasnya lensa wide 23,8mm, aperture f1.9, dan dilengkapi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0.

Selain itu, ada kamera 13MP dengan lensa ultrawide 12,7mm yang memberikan bidang pandang luas 120 derajat . Lalu yang baru adalah kamera 32MP dengan lensa telephoto, aperture f/2.4, OIS, dan memberikan 3x optical zoom.

Ditenagai Snapdragon 8 Gen 3

ASUS ROG Phone 8

Kalau soal tenaga, ROG Phone 8 sudah pasti kencang dengan chipset Qualcomm terbaru Snapdragon 8 Gen 3. Didukung konfigurasi memori yang ekstra lapang, termasuk RAM LPDDR5X hingga 24GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 berkapasitas hingga 1TB.

Demi memberikan performa tinggi yang stabil, ROG Phone 8 dibekali sistem pendingin konduksi. Ini dilakukan dengan blok tembaga yang melewati motherboard dan menyentuh panel belakang.

Di sini, panas ditransfer ke udara atau lebih baik lagi, ke AeroActive Cooler X baru. Cooler ini 29% lebih kecil (dari segi volume) dan 10% lebih ringan, sehingga lebih mudah dibawa. Sebagai pendingin, memiliki area kontak yang lebih besar (2.6x), menjalankan kipas lebih cepat (1.1x), dan memiliki efisiensi termal yang lebih tinggi (1.2x), yang menghasilkan pendinginan yang jauh lebih baik.

Dalam upaya membuat ROG Phone 8 lebih nyaman digunakan sepanjang hari, ASUS menambahkan pengisian daya Qi 15W. Jika memilih pengisian daya kabel, perangkat gaming ini mendukung HyperCharge 65W dan pengisian 0-100% dapat dilakukan dalam 39 menit.

ASUS ROG Phone 8 tersedia dalam warna Phantom Black dan Rebel Grey. Ia memiliki logo RGB backlit di bagian belakang. Model ROG Phone 8 Pro hanya tersedia dalam warna Phantom Black dan memiliki layar OLED kecil di bagian belakangnya. Harga ROG Phone 8 dijual mulai dari US$1.099 atau sekitar Rp17 jutaan.

Sumber: GSMArena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *