Ad imageAd image

Semua Pemilik PC dengan Prosesor Intel Generasi ke-11 Kini Bisa Upgrade ke Windows 11

Dimas Galih Windudjati

Ada kabar gembira bagi pengguna PC dengan prosesor Intel Core generasi ke-11 tertentu. Setelah tertunda selama lebih dari dua tahun, akhirnya mereka bisa memperbarui sistem mereka ke Windows 11.

Penundaan ini bukanlah perubahan kebijakan dari Microsoft terkait persyaratan minimum OS terbarunya tersebut. Melainkan perbaikan bug pada Intel Smart Sound Technology (Intel SST) yang sebelumnya menyebabkan ketidakcocokan dengan Windows 11. Kini setelah bug tersebut teratasi, pemblokiran kompatibilitas dicabut.

Microsoft menjelaskan langkah pembaruan ke Windows 11 setelah memperbarui driver Intel Smart Sound Technology:

“Setelah Anda memperbarui ke driver Intel Smart Sound Technology yang kompatibel, Anda seharusnya bisa memperbarui ke Windows 11. Perlu dicatat, jika tidak ada kendala lain pada perangkat Anda, mungkin diperlukan waktu hingga 48 jam sebelum opsi pembaruan tersedia. Sebaiknya jangan mencoba memperbarui secara manual menggunakan tombol ‘Perbarui Sekarang’ atau Media Creation Tool sampai Anda selesai memperbarui driver yang diperlukan.”

Penting untuk diingat, meskipun driver diperbarui, dibutuhkan waktu hingga dua hari agar opsi pembaruan Windows 11 muncul di PC Anda.

Dengan berakhirnya dukungan untuk Windows 10 pada Oktober 2025, Microsoft mendorong pengguna untuk memperbarui sistem mereka ke Windows dengan versi lebih baru, yaitu 11. Namun, persyaratan minimum yang ketat membuat beberapa PC keluaran terbaru pun tidak bisa menerima pembaruan ini.

Microsoft mengungkapkan biaya yang harus dikeluarkan pelanggan korporat untuk tetap menerima pembaruan keamanan Windows 10 setelah masa dukungan berakhir. Biayanya mulai dari $61 per perangkat untuk tahun pertama dan meningkat drastis di tahun berikutnya. Biaya untuk tahun kedua menjadi $122 per perangkat dan $244 per perangkat untuk tahun ketiga. Informasi terkait biaya untuk pengguna individual belum diumumkan, namun diperkirakan tidak akan murah.

Microsoft selalu transparan mengenai berakhirnya dukungan untuk Windows 10. Masalahnya, banyak PC yang tidak memenuhi syarat untuk upgrade ke sistem operasi yang lebih baru. Menariknya, Microsoft mulai menampilkan iklan layar penuh untuk Windows 11 pada PC Windows 10 yang tidak bisa diperbarui.

Iklan tersebut berisi ucapan terima kasih atas loyalitas pengguna, peringatan berakhirnya dukungan Windows 10, dan ajakan untuk bersiap beralih ke Windows terbaru. Tentu saja, bagi sebagian orang, beralih ke Windows 11 mengharuskan mereka membeli PC baru dan kemungkinan besar lisensi Windows baru. Perlu diingat, produsen PC membayar lisensi Windows kepada Microsoft dan biaya tersebut sudah termasuk dalam harga PC baru.

Sumber: WindowsCentral

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *