Ad imageAd image

Seagate Hadirkan Hard Disk Exos Mozaic 3+ 30 TB, Gunakan Teknologi HAMR

Dimas Galih Windudjati

Seagate telah mengumumkan peluncuran produk hard disk terbarunya secara global. Hard disk ini memiliki kapasitas 30TB pada lini produk Seagate Exos, yang menggunakan teknologi Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR), yaitu Seagate Exos Mozaic 3+.

HDD Seagate Exos 30TB terbaru menggunakan piringan dengan areal density sebesar 3TB per piringan. Seagate berencana untuk meningkatkan skala tersebut hingga 20% secara generasi demi generasi dalam beberapa tahun mendatang. Pengiriman dalam jumlah besar ke hyperscalers dilaporkan terjadi pada kuartal ini.

Seagate menyatakan bahwa pelanggan yang meng-upgrade dari platform perekaman magnetik konvensional 16TB ke HDD baru 30TB+ akan mendapatkan hampir dua kali lipat kapasitas rak server mereka dengan ukuran yang sama. Ini memberikan keuntungan Total Cost of Ownership (TCO), terutama dalam hal konsumsi daya.

Sebagai contoh, konsumsi daya rata-rata Seagate Exos X16 sebesar 9.44W setara dengan 0.59W/TB. Sementara itu, Exos 30TB baru memiliki angka sedikit lebih tinggi pada 10.5W, namun, menerjemahkan menjadi penghematan daya 40% per-TB pada 0.35W/TB.

Seagate menekankan bahwa HAMR membutuhkan sejumlah terobosan lain di bawah label Mozaic 3+ untuk mencapai terobosan areal density yang memungkinkan keluarga Exos yang baru. Hal ini melibatkan penggunaan paduan Pt-Fe baru pada piringan, penulis plasmonik, pembaca spintronik generasi ke-7, dan pengontrol terintegrasi 12nm.

Skala areal density menjadi kunci dalam mengatasi masalah kapasitas HDD. Namun, aspek lain yang perlu diatasi adalah metrik IOPS/TB, di mana SSD berada dalam posisi lebih baik untuk memanfaatkan kemajuan dalam teknologi host interface-nya. Meskipun Mozaic platform memberikan keuntungan tambahan, skalabilitas metrik IOPS/TB memerlukan upaya industri yang lebih luas agar HDD tetap relevan di berbagai area aplikasi.

Seagate bermitra dengan vendor seperti Showa-Denko untuk piringan dan TDK untuk kepala perekaman. Beberapa inovasi Mozaic 3+ telah dikembangkan bersama dengan mereka, dengan rincian pengembangan bersifat rahasia. Seagate menegaskan eksklusivitas penggunaan terbatas dalam jangka waktu tertentu untuk kemajuan teknologinya, memberikan keunggulan jika pesaing beralih ke HAMR.

Sebagai langkah berikutnya, Seagate berharap teknologi Mozaic 3+ dapat mengatasi kasus penggunaan seperti NAS, dan pasar video/imaging, dengan harapan HAMR akan meluas dari Exos ke keluarga IronWolf dan SkyHawk.

Seagate optimistis bahwa platform Mozaic akan membawa kapasitas 5TB per piringan pada tahun 2028, menandakan langkah maju signifikan dalam evolusi teknologi penyimpanan data.

Sumber: Anandtech

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *