Qualcomm Umumkan S3 dan S5 Gen 3, Tingkatkan Pengalaman Audio Nirkabel Premium dan Kelas Menengah

0
Qualcomm-Umumkan-S3-dan-S5-Gen-3,-Platform-Audio-Generasi-Terbaru-untuk-Tingkatkan-Pengalaman-Audio-Nirkabel-Premium-dan-Kelas-Menengah

Qualcomm telah mengumumkan dua platform audio generasi ketiga terbarunya, yakni Qualcomm S3 Gen 3 dan Qualcomm S5 Gen 3 Sound platform. Keduanya akan menghadirkan peningkatan pengalaman audio nirkabel pada earbud, headphone, dan speaker di kelas premium dan menengah.

Mari bahas mulai dari Qualcomm S3 Gen 3, yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman yang imersif pada perangkat kelas menengah. Chip audio ini menawarkan CPU dual-core 80 MHz, dengan DSP yang ditingkatkan menjadi dual 240 MHz. Serta, dilengkapi dengan beberapa fitur penting seperti Google Fast Pair, Qualcomm TrueWireless Mirroring, Auracast, dan lainnya.

Beralih ke Qualcomm S5 Gen 3, chip audio flagship ini sekarang memiliki CPU dual-core 200 MHz dan DSP baru dual 350 MHz, serta memiliki 1,5 kali lebih banyak memori dibandingkan model lama. Arsitektur barunya akan mendorong lebih banyak inovasi dari para developer untuk menghadirkan pengalaman suara yang lebih baik.

S3 Gen 3 and S5 Gen 3 - Rangkuman

Platform ini juga memiliki kemampuan komputasi 3 kali lebih tinggi dan kemampuan AI 50 kali lebih besar dari pendahulunya berkat dedicated AI accelerator. AI accelerator ini dapat dimanfaatkan untuk hal-hal seperti Active Noise Cancellation (ANC) yang didukung AI dan pemrosesan suara. Selain itu, ada dedicated hardware untuk hal-hal seperti hearing loss compensation, transparency mode, dan noise management.

Untuk segmen ultra-premium, Qualcomm juga memiliki chip S7 dan S7 Pro Gen 1. Mereka bahkan memiliki AI acceleration yang lebih besar (sekitar dua kali lebih cepat dari S5 Gen 3). Mereka juga menampilkan CPU dan DSP yang lebih cepat, tetapi ditujukan untuk segmen pasar yang lebih mahal.

Lebih lanjut, Qualcomm S3 Gen 3 dan S5 Gen 3 sangat hemat daya dan dapat melakukan streaming musik (menggunakan A2DP) hanya dengan konsumsi daya 4mA. Dengan Snapdragon Sound, mereka dapat menghadirkan streaming musik lossless 24-bit 48kHz.

Melalui dukungan Qualcomm Voice & Music Extension Program, ekosistem penyedia layanan yang menawarkan teknologi inovatif yang dioptimalkan untuk melengkapi dan menyempurnakan platform suara Qualcomm. Memungkinkan OEM memanfaatkan teknologi Qualcomm dalam produk mereka. Ini mencakup hal-hal seperti spatial audio, echo cancellation, health tracking, dan sebagainya.

Melalui seluruh rangkaian produk yang dihadirkan, kami berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman audio, mulai dari segmen ultra-premium dengan S7, premium dengan S5, hingga mid-tier dengan S3. Kami pun bangga bisa mengumumkan platform suara Qualcomm S5 dan S3 yang baru dan powerful yang akan membantu mendorong inovasi audio generasi baru,” ujar Dino Bekis, Vice President and General Manager, Wearables and Mixed Signals Solutions, Qualcomm Technologies, Inc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *