MSI Perkenalkan Claw, Handheld Gaming Windows dengan Intel Core Ultra

0

Pasca peluncuran Steam Deck pada awal 2022, tren handheld gaming PC semakin marak. Asus dengan ROG Ally, Lenovo dengan Legion Go, dan bahkan Logitech dengan G Cloud yang fokus pada streaming, turut meramaikan persaingan.

Ternyata, MSI bergabung dengan barisan produsen PC yang ingin mengusik dominasi Steam Deck milik Valve dengan meluncurkan Claw, sebuah perangkat gaming handheld berbasis Windows yang diumumkan pada CES 2024. Claw ditenagai oleh prosesor Intel Meteor Lake Core Ultra terbaru yang baru diumumkan bulan lalu, dengan opsi konfigurasi hingga Intel Core Ultra 7 155H, menurut siaran pers MSI. MSI berencana untuk memasarkan tiga model Claw dengan harga mulai dari $699 hingga $799 saat perangkat ini tiba di paruh pertama tahun ini – dengan model dasar menggunakan Core Ultra 5 dan penyimpanan 512GB.

MSI mengunggulkan beberapa aspek untuk menarik perhatian terhadap Claw. Pertama, penggunaan prosesor Intel terbaru yang mendukung teknologi XeSS untuk peningkatan kualitas grafis pada game yang kompatibel. MSI mengklaim prosesor ini memungkinkan Claw memainkan judul game AAA dengan mudah. Kedua, baterai 53Wh yang diklaim MSI sebagai yang terbesar di kelasnya dan menawarkan dua jam masa pakai dalam kondisi penuh, serta sistem pendinginan dengan ventilasi udara yang diklaim 50 persen lebih besar dari pesaing.

Meskipun namanya mungkin terkesan tidak nyaman, MSI memastikan bahwa Claw telah dioptimalkan untuk sesi gaming yang panjang. Beratnya 675g, sedikit lebih berat dari Steam Deck asli dan berukuran 294mm x 117mm x 21.2mm. MSI mengatakan Claw dilengkapi dengan tombol taktil dan trigger Hall effect, yang diharapkan tahan lama. Joystick Hall effect juga turut dihadirkan untuk mencegah drift.

Claw memiliki layar IPS 7 inci 120Hz dengan resolusi 1080p dan kecerahan 500 nits, mirip dengan layar Asus ROG Ally. MSI mengatakan layar ini juga akan mendukung variable refresh rate. Resolusi Claw berada di antara Steam Deck (800p) dan Lenovo Legion Go (1600p), namun tidak menggunakan layar OLED seperti revisi Steam Deck terbaru.

Spesifikasi lainnya termasuk RAM 16GB dan penyimpanan PCIe M.2 hingga 1TB Рmodel $799 hadir dengan kapasitas tersebut. Di bagian atas perangkat, terdapat slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan, port Thunderbolt 4, jack headphone 3.5mm, dan tombol power dengan sensor sidik jari. Claw juga dilengkapi dengan tombol makro yang dapat direkam untuk berbagai fungsi, serta lampu RGB di sekitar thumbstick, mirip dengan Asus ROG Ally.

Untuk software, Claw menjalankan Windows 11 dengan software MSI Center M di atasnya untuk menawarkan akses cepat ke game dan library game. Selain judul PC, MSI mengiklankan bahwa Claw dapat menjalankan game Android melalui App Player, meskipun emulator serupa telah dijalankan pada perangkat berbasis Windows lainnya.

Dengan banyaknya handheld gaming PC yang bermunculan, kita akan melihat apakah MSI telah menemukan keseimbangan yang tepat antara kekuatan, masa pakai baterai, portabilitas, spesifikasi, dan tentu saja, harga. Claw hadir sebagai penantang baru yang menarik di arena yang semakin kompetitif ini, dan tentunya patut ditunggu untuk melihat bagaimana kinerjanya dibandingkan dengan pesaingnya. Dan kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

Sumber: TheVerge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *