Microsoft Uji Coba Teknologi Mirip DLSS / FSR / XeSS

0

Dunia game PC bakal kedatangan kabar yang menggembirakan. Microsoft kemungkinan besar sedang mengembangkan fitur “super resolution” berbasis AI untuk Windows 11, mirip dengan teknologi DLSS (Deep Learning Super Sampling) dari Nvidia. Informasi ini pertama kali ditemukan oleh pengguna PhantomOcean3 di versi uji coba terbaru Windows 11.

Fitur ini digambarkan oleh Microsoft sebagai cara untuk “menggunakan AI agar game yang didukung berjalan lebih lancar dengan detail yang ditingkatkan”. Kedengarannya mirip sekali dengan apa yang ditawarkan DLSS, yaitu meningkatkan kualitas grafis dan frame rate lewat kecerdasan buatan. Teknologi yang sama juga sudah diimplementasikan oleh AMD dan Intel, yakni FSR (FidelityFX Super Resolution) dan XeSS (Xe Super Sampling).

Sayangnya, Microsoft belum secara resmi mengumumkan fitur ini. Masih belum jelas bagaimana cara kerjanya, maupun apakah akan membutuhkan hardware khusus. Sebagai perbandingan, DLSS Nvidia memerlukan kartu grafis RTX dengan tensor core khusus, sedangkan FSR AMD dan XeSS Intel bisa berjalan di GPU kompetitor.

Selain fitur upscaling, Microsoft juga sedang merombak pengelolaan warna di Windows 11. Ini kabar baik terutama bagi pengguna monitor OLED HDR terbaru. Selama bertahun-tahun, Windows tak memiliki sistem manajemen warna tingkat OS yang optimal, memaksa gamer PC membuat profil warna kustom yang tampilannya terkesan ketinggalan zaman.

Nantinya, pengelolaan warna akan terintegrasi langsung ke pengaturan display utama Windows 11. Pengguna bisa mengatur profil warna untuk sRGB dan DCI-P3. Bahkan, ada fitur baru yang otomatis mengontrol profil warna ini.

Microsoft sendiri menjelaskan fitur ini sebagai “pengelolaan warna otomatis untuk memastikan aplikasi dan konten lain menampilkan warna yang akurat di layar Anda”. Namun, belum jelas apakah pengguna Windows 11 bisa dengan mudah mengubah kurva gamma.

Diharapkan, perbaikan manajemen warna ini menandakan Microsoft lebih serius dalam mengembangkan dukungan HDR di Windows. Pasalnya, jika diaktifkan di seluruh sistem, pengalaman desktop bisa terlihat terlalu terang dan kurang detail.

Kehadiran fitur upscaling berbasis AI dan pengelolaan warna yang lebih baik tentu menjadi kabar gembira bagi gamer PC pengguna Windows 11. Meskipun belum ada tanggal rilis resmi, fitur ini berpotensi meningkatkan performa dan kualitas visual, serta memudahkan pengaturan warna untuk pengalaman gaming yang lebih optimal.

Sumber dan gambar: TheVerge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *