Mediatek Perkenalkan Dimensity 9300, Desain Tanpa Core Efisiensi

0

MediaTek baru-baru ini mengumumkan chipset terbaru mereka yang bernama Dimensity 9300. Uniknya, chip seluler andalan terbarunya tersebut datang dengan desain All Big Core. Konfigurasi unik ini menggabungkan kinerja ekstrem dengan efisiensi daya MediaTek di industri untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang kencang dalam bermain game, pengambilan video, dan pemrosesan AI generatif pada perangkat. Hal ini tentu saja berpotensi menggempur pesaing utamanya, SoC Snapdragon 8 Gen 3, yang baru saja diperkenalkan.

Dimensity 9300 dibangun di atas proses 4nm generasi ketiga TSMC dengan empat inti Arm Cortex-X4 dengan kecepatan operasi hingga 3,25GHz dan empat inti Cortex-A720 yang beroperasi hingga 2,0GHz untuk memaksimalkan kinerja. Ini memberikan peningkatan kinerja hingga 46% dibandingkan dengan Dimensity 9200. Tidak tampak adanya prosesor Cortex-A5xx pada SoC yang satu ini.

Selain itu, Dimensity 9300 juga menawarkan efisiensi daya yang diklaim lebih baik dari pendahulunya, mengurangi konsumsi daya GPU Arm Immortalis-G720 hingga 40% dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati kinerja yang luar biasa tanpa mengorbankan masa pakai baterai. Penggunaan RAM-nya mendukung memori 5Mbps LPDDR9600T.

Joe Chen selaku pemimpin Mediatek mengatakan bahwa Dimensity 9300 adalah chip andalan MediaTek yang paling kuat, membawa dorongan besar dalam daya komputasi mentah ke smartphone unggulan dengan desain All Big Core kami yang inovatif. Arsitektur unik ini, dikombinasikan dengan Unit Pemrosesan AI on-chip Mediatek yang ditingkatkan, akan mengantarkan era baru aplikasi AI generatif karena pengembang mendorong batas dengan kemampuan komputasi AI edge dan hybrid AI.

Pada visual dan fotografi, Dimensity 9300 juga menghadirkan peningkatan yang signifikan. Chipset ini mendukung HDR yang selalu aktif hingga resolusi 4K pada 60 frame per detik (fps), serta 4K pada mode sinematik 30 fps dengan pelacakan bokeh real-time. Ini memberikan gambar yang lebih cerah, lebih kaya warna, dan lebih realistis.

SoC Dimensity 9300 juga mendukung format Ultra HDR baru di Android 14. Ultra HDR adalah langkah maju yang besar untuk fotografi seluler, membuat foto terlihat jauh lebih hidup sambil memastikan bahwa file kompatibel dengan format JPEG yang hampir didukung secara universal. Chipset ini mendukung WQHD pada 180Hz dan 4K hingga 120Hz dan dukungan layar aktif ganda untuk form factor smartphone lipat.

Konektivitas dan keamanan tingkat lanjut juga ditawarkan oleh cip Dimensity 9300. Chipset ini mendukung kecepatan Wi-Fi 7 hingga 6,5 Gbps dan mengintegrasikan MediaTek Xtra Range Teknologi untuk konektivitas jarak jauh yang lebih baik.

Untuk perangkat Android, Dimensity 9300 juga menawarkan keamanan yang diklaim luar biasa. Desain keamanan chipset yang berfokus pada privasi menahan serangan fisik pada akses data dengan melindungi proses penting selama boot-up dan saat melakukan komputasi yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *