Indosat dan Tech Mahindra Luncurkan ‘Garuda’, LLM untuk Melestarikan Bahasa Indonesia

0

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Tech Mahindra, perusahaan penyedia solusi transformasi digital terkemuka, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 untuk mengembangkan “Garuda”, sebuah Large Language Model (LLM) yang bertujuan untuk melestarikan bahasa Indonesia beserta seluruh dialeknya.

“Garuda” akan dibangun berdasarkan prinsip-prinsip LLM orisinal Tech Mahindra “Project Indus”, dengan fitur unik yang menghadirkan beragam use case. Pelanggan Indosat dapat memanfaatkannya di berbagai aplikasi. Hal tersebut termasuk layanan dukungan pelanggan, pengalaman pengguna, dan pembuatan konten di berbagai industri seperti kesehatan, e-commerce, pendidikan perdesaan, perbankan dan keuangan, pertanian, serta telekomunikasi.

Model ini akan menyajikan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dengan menganalisis sentimen dan memahami pola perilaku, sehingga menghasilkan pembelajaran yang fleksibel berdasarkan interaksi sebelumnya.

Vikram Sinha selaku President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan bahwa kolaborasi ini sejalan dengan tujuan Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Indosat mendukung keragaman linguistik serta meningkatkan aksesibilitas dan inklusi dalam era digital. Kemitraan ini memperkuat komitmen Indosat terhadap transformasi digital Indonesia dan mendukung visi Indonesia Emas 2045.

“Garuda” akan dikembangkan dengan 16 miliar token bahasa Indonesia asli, menghasilkan 1,2 miliar parameter untuk membentuk pemahaman model terhadap bahasa Indonesia. Versi beta akan dirilis untuk pengujian oleh Indosat dan penutur Bahasa Indonesia, dan model ini akan terus diperbaiki menggunakan teknik RLHF (Reinforcement Learning from Human Feedback).

Harshvendra Soin selaku President – Asia Pasific and Japan Business, Tech Mahindra menambahkan, “Diperkirakan pasar LLM akan mencapai USD40,8 miliar pada tahun 2029. LLM seperti ‘Garuda’ dan ‘Indus’ dapat memfasilitasi komunikasi online bagi individu dan perusahaan dalam dialek dan bahasa lokal mereka, menciptakan peluang baru di dunia digital. Kami percaya bahwa model ini akan secara signifikan mempromosikan keragaman linguistik Indonesia dan membuka peluang bisnis baru.”

Kemitraan strategis antara Indosat dan Tech Mahindra menggabungkan keunggulan kedua perusahaan dalam mendorong inovasi teknologi di Indonesia. Upaya kolaboratif ini mencerminkan visi bersama untuk merevolusi teknologi pemahaman bahasa, berkontribusi pada pelestarian keragaman linguistik dan memajukan solusi komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan unik pasar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *