Game Developer Indonesia Raih Peluang Global dengan Google AdMob

Dimas Galih Windudjati

Google AdMob menyelenggarakan Google Indonesia Gaming Monetisation Growth Lab di Surabaya untuk membekali para developer game dengan strategi jitu memaksimalkan pendapatan iklan dari mobile game. Acara ini terbuka untuk developer dari semua tingkatan, baik pemula maupun berpengalaman.

Menurut Denis Nichifor, Head of Apps Partnerships – Southeast Asia, Google, potensi developer game Indonesia sangatlah besar. Kemampuan mereka dalam mengembangkan game berkualitas sesuai selera gamer lokal telah terbukti. Kini, saatnya mereka melangkah ke pasar global.

“Memahami strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci sukses bagi developer game Indonesia di pasar global,” jelas Denis. “Melalui program ini, kami ingin membantu para developer dalam memulai perencanaan ekspansi global dengan memanfaatkan rangkaian solusi dari Google, seperti AdMob, Firebase, Google Play, dan Google Ads, tentunya sesuai dengan kebijakan yang berlaku.”

Tips Jitu dari Google Admob untuk Developer Game Lokal

Google membagikan beberapa tips jitu untuk membantu developer game lokal mengembangkan dan mengelola bisnis mereka:

  • Pelajari Mediasi dan Bidding AdMob: Dengan memahami cara kerjanya, developer berkesempatan memperoleh penghasilan melalui iklan dalam aplikasi, analitik yang dapat ditindaklanjuti, dan berbagai tools canggih yang mudah digunakan.
  • Rancang Strategi Iklan yang Tepat: Pilih format iklan yang tepat, perhatikan praktik terbaik untuk memaksimalkan engagement dan pengalaman pengguna yang baik, serta lakukan optimasi dan pengujian untuk hasil terbaik.
  • Pahami Kebijakan yang Berlaku: Patuhi kebijakan umum yang diterapkan AdMob dan Google untuk keberlangsungan bisnis aplikasi dan mobile game.
  • Manfaatkan Kampanye Aplikasi Google Ads: Ciptakan kampanye aplikasi untuk mencapai berbagai tujuan dengan mudah. Dengan dukungan Google AI, satu kampanye aplikasi di Google Ads dapat mempromosikan aplikasi di semua platform terbesar Google.
  • Bergabung dengan Komunitas: Bangun networking dan berbagi informasi dengan sesama developer game melalui komunitas.

Hery Susanto, Founder IDBS Studio, berbagi kisah suksesnya dalam menggunakan AdMob sebagai sumber pendapatan melalui iklan dalam game sejak awal memulai mengembangkan mobile game. “Dengan pendapatan AdMob yang konsisten, saya dapat lebih fokus dalam pengembangan dan membangun bisnis mobile game yang berkesinambungan,” ungkapnya. Hery pun mendorong para developer game Indonesia untuk mulai memikirkan strategi menggunakan AdMob sembari mengembangkan game-gamenya.

Foto bareng acara Google Admob

David Wang, Head of Business Development and Acquisitions – APAC, Google, menekankan pentingnya komunitas developer game. “Kami mendorong para developer untuk aktif di komunitas masing-masing, untuk terus berhubungan lebih erat, belajar dari pengalaman satu sama lain,” jelasnya. Google berkomitmen untuk menciptakan platform yang mendukung komunitas developer game di Indonesia.

Acara ini diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Google AdMob Indonesia Gaming Monetisation Growth Lab diharapkan dapat mendorong lebih banyak developer game untuk berkreasi dan menciptakan ekosistem yang bermanfaat baik untuk pengguna maupun bisnisnya.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *