Festival Film Pendek SOS 2023: Ajang Kreativitas dan Pesan Positif Generasi Muda

0

Puncak Festival Film Pendek SOS 2023, program edukasi digital Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), menandai akhir perjalanan inspiratif para sineas muda dalam menyebarkan pesan positif di dunia digital. Sejak Oktober 2023, kampanye #BijakBerkreasiTanpaBatas menggema, mengajak generasi muda untuk berbicara baik dan kreatif melalui film pendek.

Antusiasme luar biasa ditunjukkan dengan 273 karya film pendek yang mencerminkan pentingnya berbicara baik di ranah digital. Juri-juri ternama seperti Ernest Prakasa dan Ika Natassa menilai karya-karya tersebut, menghasilkan 24 finalis di kategori Mahasiswa dan Umum.

Lebih dari 2.500 mahasiswa terlibat dalam roadshow di 8 kota, menunjukkan semangat mereka dalam memerangi ujaran kebencian. Workshop online dan pelatihan pun diadakan, membekali para peserta dengan keterampilan perfilman. Di ranah digital, kampanye ini menjangkau 15,6 juta views dan 12,2 juta reach dalam waktu singkat.

Deputi Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, mengapresiasi langkah IOH dalam menguatkan narasi positif di dunia digital. Ahmad Zulfikar, CSO IOH, mengajak generasi muda untuk #BijakBerkreasiTanpaBatas dan menjadikan media sosial sebagai wadah berekspresi yang aman.

Najwa Shihab, Founder Narasi, mendukung upaya IOH dalam mengurangi kebencian di ruang digital. Festival Film Pendek SOS 2023 merupakan bagian dari tanggung jawab sosial IOH di bidang Pendidikan Digital, menunjukkan komitmen mereka dalam membangun masyarakat digital yang cerdas dan berbudaya.

Pemenang Gold kategori Mahasiswa diraih film PALSUBUUK, disusul LAMBEMU dan INI KISAH SI JEMPOL PEDAS DAN SI JEMPOL BIJAK. Di kategori Umum, DELETE ! meraih Gold, diikuti HATE ATTACK dan A STORY BEHIND.

Kategori lain seperti People Choice Most Likes dimenangkan WIJAYA CARWASH, Most Viewes diraih RUANG GELAP, Judges Choice Best Acting diraih A STORY BEHIND, dan Best Directing dimenangkan HATE ATTACK. Para pemenang mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah, termasuk dana pengembangan proyek film bagi pemenang Best of The Best, DELETE !.

Festival Film Pendek SOS 2023 menunjukkan potensi besar generasi muda dalam menyebarkan pesan positif dan membangun Indonesia digital yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *