Samsung Perkenalkan AI Screen dengan Neo QLED, MICRO LED, OLED dan Lifestyle Display di CES 2024

0
Samsung Perkenalkan AI Screen dengan Neo QLED, MICRO LED, OLED dan Layar Lifestyle di CES 2024

Samsung telah mengumumkan jajaran Smart TV QLED, MICRO LED, OLED, dan Lifestyle display terbarunya di CES 2024. Peluncuran ini juga sekaligus menjadi awal dari era AI screen dengan diperkenalkannya prosesor AI generasi terbaru, dilengkapi dengan fitur-fitur berbasis AI, dan dilindungi oleh Samsung Knox. Mari bahas satu per satu.

Samsung Neo QLED 8K

Samsung Neo QLED 8K TV dan 4K TV terbaru menawarkan paket lengkap, mencakup kualitas gambar yang nyata, teknologi audio premium, serta beragam aplikasi dan layanan. Core dari Neo QLED 8K 2024 adalah prosesor TV terbaru dan paling inovatif dari Samsung: NQ8 AI Gen3, yang memiliki neural processing unit (NPU) dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

NQ8-AI-Gen3-Processor

Jumlah neural network-nya juga meningkat delapan kali lipat dari 64 menjadi 512, sehingga semua yang ditampilkan di layar tampak mendetail dan tajam. Berkat prosesor canggih ini, jajaran produk TV untuk tahun 2024 hadir dengan peningkatan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Jajaran produk Neo QLED juga menghadirkan serangkaian fitur yang menyempurnakan kualitas gambar dan desain. Termasuk 8K AI Upscaling Pro yang memanfaatkan NQ8 AI Gen3 untuk melakukan 8K upscaling yang semakin baik dengan mempertajam konten beresolusi rendah sehingga dapat ditampilkan dalam resolusi yang sangat tinggi.

Sistem operasi yang dijalankan oleh rangkaian produk Neo QLED 8K adalah Tizen OS 2024, yang menawarkan konten dan layanan yang dipersonalisasi berdasarkan akun berbeda yang diatur di smart TV. Sekarang, setiap anggota keluarga di rumah yang menggunakan Samsung Smart TV dapat membuat profil masing-masing untuk mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi dan pengalaman yang lebih disesuaikan.

MICRO LED

Dengan MICRO LED transparan yang baru, Samsung menunjukkan bahwa layar memiliki kemampuan yang tidak terbatas. Layar yang terlihat seperti sepotong kaca transparan ini memiliki chip MICRO LED yang sangat kecil dan proses manufaktur yang presisi sehingga tidak ada lagi garis-garis dan pembiasan cahaya. Hal ini memungkinkan MICRO LED yang transparan untuk menciptakan gambar yang jernih dan tidak terhalang apapun, untuk berbagai kasus penggunaan di rumah dan lingkungan B2B.

Dengan desain modular yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bentuk, ukuran, dan rasio layar agar sesuai dengan ruang apa pun. Penelitian dan pengembangan Samsung selama bertahun-tahun yang berasal dari keahlian semikonduktornya telah menghasilkan proses yang sangat efektif, yang memungkinkan LED chip operation circuit untuk langsung disimpan di kaca dan dengan demikian mengurangi hilangnya kecerahan yang mungkin dialami pengguna dengan layar konvensional.

Menawarkan Jajaran Produk OLED yang Lebih Luas

OLED-Glare-free

TV OLED 2024 Samsung dibangun berdasarkan model tahun lalu, contohnya model S95D yang menawarkan layar ultra-besar 77 inci untuk detail tinggi, frame-rate yang tinggi, dan video yang sangat tajam. Layarnya 20% lebih terang dari model sebelumnya, dengan warna hitam yang pekat dan kaya serta akurasi warna yang disempurnakan oleh AI dan sudah Pantone Validated. Samsung juga telah memperkenalkan model S90D dan S85D dalam berbagai ukuran, mulai dari 42 inci hingga 83 inci.

Teknologi ‘OLED Glare Free’ terbaru – dirancang khusus untuk layar OLED 2024 – mempertahankan akurasi warna dan mengurangi pantulan sambil mempertahankan ketajaman gambar untuk memastikan pengalaman menonton yang imersif, bahkan di siang hari. Lapisan rendah pantulan yang dioptimalkan untuk OLED mengatasi trade-off antara kilap dan pantulan berkat lapisan hard-coating khusus dan pola coating permukaan yang baru.

Layar S95D akan memikat penonton dengan mesin kualitas gambar proprietary yang canggih, untuk mempertahankan warna putih yang sempurna, warna hitam yang lebih pekat, dan warna yang akurat. Selain menjadi layar OLED Samsung yang paling terang, layar ini juga memiliki refresh rate yang tinggi hingga 144Hz, sehingga para penggemar olahraga dan gamer dapat menikmati gerakan yang mulus dan aksi yang jernih di layar mereka.

Produk Lifestyle Terbaru

Untuk melengkapi produk lifestyle yang telah memenangkan penghargaan seperti The Frame, The Serif dan The Terrace, Samsung menegaskan kembali komitmennya terhadap “Screens Everywhere, Screens for All” dengan berbagai produk baru dalam rangkaian produk lifestyle terbarunya.

Mulai dari The Frame sebagai produk TV lifestyle terlaris, The Frame hadir dengan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman seni. Sekarang, dengan lebih dari 2.500 karya seni di Art Store yang berasal dari museum dan galeri terkenal di dunia, pengguna bisa menikmati pengalaman Art Store yang lebih baik dari sebelumnya. Fitur streaming seni terbaru dari the Frame membuat pengguna dapat merasakan koleksi Art Store yang beragam dengan menyediakan pilihan gratis karya seni setiap bulannya. Selain itu, The Frame untuk tahun 2024 juga dapat membantu mengurangi biaya energi hingga 10% dengan penyesuaian refresh rate variabel yang tersedia di Art Mode.

Kemudian The Premiere 8K Projector adalah proyektor pertama di dunia yang menawarkan konektivitas nirkabel. Dengan meniadakan kebutuhan akan kabel, solusi ini memungkinkan konsumen untuk menjaga ruang keluarga mereka tetap rapi. Proyektor ultra-short throw ini dilengkapi dengan fitur pintar – seperti audio rumah premium yang jernih, cloud gaming, suara yang selalu aktif dengan mikrofon jarak jauh, dan multi-view hingga 4 split screen.

Terakhir The Freestyle 2nd Gen, iterasi kedua dari proyektor portabel ini memiliki fitur Smart Edge Blending, yang mendukung penggabungan proyeksi dari dua perangkat The Freestyle secara seamless, untuk menciptakan layar besar untuk gambar dan video. Ia memungkinkan dua perangkat memproyeksikan gambar sebesar 160 inci dengan rasio layar 21:9, tanpa perlu penyesuaian manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *