Qualcomm Umumkan Snapdragon 7s Gen 2

0

Qualcomm saat ini telah merilis Snapdragon 7s Gen 2, chipset 4nm yang ditujukan untuk smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Ternyata, chipset ini memiliki CPU yang tidak lebih kencang daripada cip Snapdragon 7 series lainnya. Selain itu, Image Signal Processor-nya juga tidak seperti keluarga Snapdraogn 7 series lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Snapdragon 7s Gen 2 memiliki posisi yang sedikit lebih rendah dari chipset Snapdragon 7 series lainnya.

Snapdragon 7s Gen 2 memiliki CPU Kryo dengan empat inti berkecepatan tinggi 2,4 GHz dan empat inti hemat daya 1,95 GHz.  Snapdragon 7s Gen 2 memiliki GPU Adreno yang mampu menangani visual FHD+ pada refresh rate 144Hz. Kapasitas  hingga 12GB memori LPDDR5 3200MHz dan memori flash UFS 4.0 yang responsif sudah didukung pada SoC yang satu ini.

Dengan modem Snapdragon X62 5G, kecepatan puncak 2,9Gbps dan dukungan untuk teknologi jaringan 5G bisa didapat. SoC ini juga menggunakan sistem FastConnect 6700 menawarkan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2. Untuk pengenalan lokasi, platform ini memberikan dukungan untuk beberapa sistem pemosisian, termasuk QZSS, Galileo, BeiDou, NavIC, GLONASS, dan GPS, dengan pemosisian dual-band L1/L5.

ISP Qualcomm Spectra 12-bit yang digunakan pada SoC ini memang tidak sebaik 7+ Gen 2 yang bisa hingga 18 bit. Namun, ISP ini memungkinkan pengambilan gambar tiga kamera secara bersamaan dan mendukung fitur-fitur seperti fotografi 200 megapiksel dan perekaman video 4K pada 30 frame per detik serta pengurangan noise AI meningkatkan pengalaman fotografi.

Selain itu, eknologi Snapdragon Smooth Listening memastikan audio jernih untuk panggilan dan konsumsi media lebih baik. Protokol pengisian daya Quick Charge 4+ juga menjadi salah satu unggulan untuk cepat penuh dalam mengisi baterai.

Qualcomm tidak secara resmi merilis kerangka waktu kapan kita akan melihat perangkat dengan chipset baru ini. Namun, beberapa rumor menyebutkan bahwa Snapdragon 7s Gen 2 akan hadir pada seri Redmi Note 13, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada kuartal terakhir di tahun 2023 ini di negara Tiongkok. Saya sendiri cukup penasaran ingin mengetahui apakah 7s Gen 2 ini merupakan sebuah rebrand atau memang benar-benar chipset baru yang dibuat oleh Qualcomm.

Sumber: Qualcomm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *