Ad imageAd image

Snapdragon X Plus Diluncurkan Qualcomm, Era Baru Melawan Prosesor x86 dengan AI

DiGaL
By DiGaL

Snapdragon X Plus pada tanggal 24 April 2024 akhirnya diluncurkan oleh Qualcomm. Snapdragon X Plus merupakan sebuah platform terbaru yang memperluas jajaran Snapdragon X Series. Platform ini didesain khusus untuk menghadirkan komputasi PC yang lebih baik. Hal tersebut terjadi berkat penggabungan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya yang tinggi. PC yang memakai SoC ini nantinya bisa menjalankan sistem operasi Windows 11.

Kedar Kondap, Senior Vice President and General Manager of Compute and Gaming, Qualcomm Technologies, Inc. mengatakan bahwa platform Snapdragon X Series menghadirkan pengalaman terdepan dan siap merevolusi industri PC. Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged.  Hal itu memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner. Dengan menghadirkan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya terdepan, Qualcomm kembali merevolusi lebih banyak kemungkinan dalam komputasi seluler.

Snapdragon X Plus Specification

CPU Oryon pada Snapdragon X Plus

SoC dilengkapi dengan CPU Qualcomm Oryon. Oryon terintegrasi khusus yang memberikan peningkatan performa CPU hingga 37% dan efisiensi daya 54% lebih baik dibandingkan pesaingnya. Kemajuan luar biasa ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan tugas komputasi yang kompleks dengan lebih cepat dan hemat energi.

Platform ini juga dilengkapi dengan Qualcomm Hexagon NPU yang mampu mencapai 45 TOPS, menjadikannya NPU tercepat di dunia untuk laptop. Kemampuan AI yang luar biasa ini membuka berbagai kemungkinan baru untuk aplikasi dan fitur inovatif, seperti:

  • Pembuatan kode dengan AI: Codegen di Visual Studio Code membantu programmer menghasilkan kode baru secara instan melalui AI generatif pada perangkat.
  • Penciptaan musik dengan AI: Riffusion AI di Audacity memungkinkan pengguna untuk membuat musik baru dari prompt atau musik yang sudah ada secara langsung di perangkat.
  • Subtitle langsung dengan AI: Whisper di OBS Studio menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa lisan ke dalam teks dalam 100 bahasa berbeda secara real-time selama streaming berlangsung.

Peluncuran SoC terbaru Qualcomm ini menandakan babak baru dalam komputasi PC. Platform ini diprediksi akan mendorong OEM untuk meluncurkan berbagai perangkat PC inovatifdengan Snapdragon X Plus dan Snapdragon X Elite. PC-PC tersebut akan mulai bermunculan mulai dari pertengahan tahun 2024.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *