Performa Snapdragon 7s Gen 2 di Poco X6

0

Saat mengikuti acara workshop “Bedah Chipset Snapdragon 7s Gen 2 Yang Berikan Performa Ekstrem di POCO X6 5G!” saya pun mencoba perangkat Poco X6. Saat ditanyakan kepada Abee Hakim, Product PR Manager POCO Indonesia, beliau masih bungkam apakah perangkat yang satu ini bakal hadir di Indonesia. Walaupun begitu, saya sudah memesan 1 unit untuk diuji lebih lanjut.

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 memang baru mendarat di Indonesia melalui Poco X6 5G. Snapdragon 7s Gen 2 memiliki CPU Kryo dengan empat inti berkecepatan tinggi 2,4 GHz dan empat inti hemat daya 1,95 GHz.  Snapdragon 7s Gen 2 memiliki GPU Adreno yang mampu menangani visual FHD+ pada refresh rate 144Hz. Kapasitas  hingga 12GB memori LPDDR5 3200MHz dan memori flash UFS 4.0 yang responsif sudah didukung pada SoC yang satu ini.

Dominikus susanto – Senior Manager, Business Development · Qualcomm

Saya sempat berpikir bahwa SoC ini akan memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan chipset lamanya, Snapdragon 782G. Qualcomm kembali menggunakan 2 cluster pada Snapdragon 7s Gen2 dibandingkan dengan 3 cluster pada 782G dan 778G. Walaupun 2 cluster kencang pada seri 7 lawas tersebut menggunakan prosesor yang sama,  yaitu Cortex A78.

Chipset yang diproduksi pada pabrik milik Samsung ini ternyata cukup adem saat dicoba. Pada acara workshop, perangkat ini menjalankan Genshin Impact dari awal hingga akhir penjelasan dari narasumber yang datang, yaitu Dominikus Susanto selaku Senior Manager, Business Development Qualcomm. Selama sekitar 20 menit menyala, ternyata Poco X6 5G tidak panas saat digenggam. Sayang memang, karena banyaknya jurnalis yang hadir membuat saya tidak sempat mencoba bermain Genshin.

Walaupun begitu, saya berhasil menjalankan tes Antutu 10 pada perangkat yang satu ini. Ternyata Snapdragon 7s Gen 2 bisa bertengger pada angka di atas 630.000 pada Antutu 10. Angka seperti ini tentu saja sangat baik untuk sebuah smartphone mainstream. Seharusnya Genshin pun bisa dimainkan pada framerate yang tinggi.

Untuk hasilnya, berikut adalah screenshot dari uji kinerja melalui Antutu 10 yang saya lakukan

Dengan hasil tersebut serta harga awal dari Poco X5 5G yang sekitar Rp. 3.999.000, apakah Anda akan membelinya jika pada akhirnya Poco memutuskan untuk meluncurkannya di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *