Ad imageAd image

Intel Perkenalkan Thunderbolt 5, Kecepatan hingga 120 Gbps

Dimas Galih Windudjati

Intel baru saja mengenalkan Thunderbolt 5, evolusi terbaru dari teknologi Thunderbolt. Beberapa purwarupa laptop dan dock yang mendukung teknologi ini pun telah diperlihatkan oleh Intel. Thunderbolt 5 menawarkan kemajuan besar dalam kecepatan dan bandwidth yang akan memberikan manfaat besar bagi konsumen.

Jason Ziller, GM di Intel untuk Divisi Konektivitas Klien, mengatakan bahwa Thunderbolt 5 akan menjadi pemimpin industri dalam kinerja konektivitas. Thunderbolt kini telah menjadi standar konektivitas utama bagi PC, dan generasi selanjutnya ini akan memberikan kapasitas lebih.

Fitur utama Thunderbolt 5 termasuk bandwidth bi-directional hingga 80 Gbps dan dengan fitur Bandwidth Boost, dapat mencapai hingga 120 Gbps. Peningkatan ini, hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan solusi terbaik saat ini, yaitu  Thunderbolt 4, memastikan pengalaman visual yang optimal. Teknologi ini sangat sesuai untuk pembuat konten dan gamer, dan berbasis pada standar industri seperti USB4 V2, sehingga kompatibel dengan versi sebelumnya dari Thunderbolt dan USB.

Peningkatan bandwidth ini penting karena kebutuhan pembuat konten, gamer, dan profesional terus meningkat. Thunderbolt 5 memastikan pengguna modern mendapatkan kualitas visual yang terbaik.

Ian LeGrow dari Microsoft menyatakan bahwa Microsoft berkolaborasi dengan Intel untuk memperkenalkan USB4. Thunderbolt 5 mendukung standar USB 80Gbps, menyempurnakan konektivitas generasi mendatang.

Thunderbolt 5 memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

    • Bandwidth bi-directional yang dua kali lipat.
    • Bandwidth Boost dengan throughput hingga tiga kali lipat untuk video.
    • Kecepatan penyimpanan dan grafis eksternal yang lebih cepat.
    • Kompatibilitas penuh dengan standar industri seperti USB4 V2.
    • Teknologi pensinyalan PAM-3 untuk meningkatkan kinerja.

Produk Thunderbolt kini telah diterima luas di pasar PC. Thunderbolt 5 akan memperkuat hal ini dan mewujudkan visi port dan kabel USB-C yang multifungsi. Teknologi ini memudahkan dan meningkatkan pengalaman pengguna PC di seluruh dunia.

Sebagai yang paling cepat dalam inovasi I/O, pengenalan Thunderbolt 5 menandai langkah penting lainnya bagi Intel. Intel bekerja sama dengan berbagai mitra untuk memberikan konektivitas terbaik melalui program khusus. Semua produk Thunderbolt melalui pengujian sertifikasi ketat, dan produk yang lulus pengujian dapat menggunakan merek Thunderbolt tanpa royalti.

Intel sendiri bakal mengeluarkan Barlow Ridge pada tahun 2024 nanti. Barlow Ridge nantinya bakal memiliki kontroler Thunderbolt 5 buatan Intel. Mari kita berharap bahwa perangkat Thunderbolt 5 akan lebih cepat hadir di pasaran dibandingkan dengan para pendahulunya.

Sumber: Intel

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *