Huawei Perkenalkan L2HC, Codec Lossless dengan Bitrate Lebih Tinggi dari CD

0

Standar codec lossless saat ini memang terbanyak menggunakan LDAC besutan Sony. Codec yang satu ini sudah umum bisa digunakan pada hampir setiap perangkat Android dan mampu memberikan suara lebih baik dibandingkan dengan AAC dan SBC. Selain Sony, masih banyak perusahaan lain yang mengeluarkan codec lossless. Salah satunya adalah Huawei.

Pada tanggal 21 September 2023, Huawei bersama dengan mitra industrinya di Tiongkok merilis standar audio nirkabel L2HC 3.0 yang baru. Standar ini menjadi codec audio nirkabel dengan kualitas suara lossless tercepat di dunia.

L2HC adalah codec audio HD milik Huawei yang menyediakan bandwidth lebih tinggi dan bit rate adaptif. Codec ini memiliki latensi rendah, bit rate konstan, kemampuan anti-interferensi yang kuat, rasio signal-to-noise (SNR) yang tinggi, dan jangkauan dinamis yang luas, sehingga memberikan pengalaman streaming musik yang optimal bagi pengguna.

Codec ini memiliki karakteristik anti-interferensi yang kuat, bit rate transmisi yang tinggi, dan kompatibilitas yang tinggi. Bit rate transmisi audio diperluas menjadi 64K-1920Kbps dan mendukung transmisi audio high definition 96kHz/24bit.

Standar L2HC 3.0 yang baru ini digunakan bersama dengan headphone nirkabel TWS Huawei FreeBuds Pro 3 yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat. Perlu dicatat bahwa Huawei mengirimkan produk ini di pasar global dengan L2HC 2.0, tetapi di pasar domestik akan dikirimkan dengan L2HC 3.0.

Menariknya, Huawei mempromosikan bit rate transmisi Bluetooth yang kuat sebesar 1,5Mbps, yang jauh lebih unggul dari Apple bahkan LDAC. AAC yang ada saat ini memang cukup bagus, namun sudah lama tidak berubah selama bertahun-tahun dan secara bertahap menjadi kurang bertenaga daripada L2HC. Bit rate transmisinya hanya 320kbps, yang membuatnya sulit untuk memenuhi permintaan semua orang akan kualitas suara high definition.

Bitrate dari L2HC 3.0 bisa mencapai paling tinggi hingga 1920kbps. L2HC 3.0 baru yang digunakan di Huawei FreeBuds Pro 3 memiliki bit rate transmisi hingga 1,5Mbps. Ini empat kali lebih cepat daripada bit rate AAC saat ini. Lebih penting lagi, standar L2HC 3.0 merupakan satu-satunya standar codec audio yang melebihi persyaratan bit rate transmisi musik lossless tingkat CD (1,41Mbps) saat ini.

Sebagai informasi, bit rate mewakili data yang ditransmisikan oleh audio per detik. Semakin tinggi bit rate, semakin baik kualitas suaranya. Bit rate transmisi musik lossless tingkat CD yang diakui oleh industri adalah 1,41Mbps. Ketika bit rate transmisi audio Bluetooth headset melebihi 1,41Mbps, dapat disebut “kualitas suara lossless tingkat CD”. Inilah sebabnya mengapa kualitas suara Huawei FreeBuds Pro 3 disebut “melampaui lossless tingkat CD”.

Semoga saja Huawei Indonesia bisa membawa TWS Huawei FreeBuds Pro 3 ke Indonesia agar para audiophile bisa mendapatkan suara yang lebih baik lagi.

Sumber: Huawei Central

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *