Ad imageAd image

Honda dan IBM Jalin Kerjasama, Kembangkan Chip dan Software

DiGaL
By DiGaL

Honda Motor Co. yang saat ini kita kenal dengan produk otomotifnya, baru saja mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman dengan sebuah perusahaan komputer ternama, IBM (International Business Machines Corporation). Kedua perusahaan ini berencana mengembangkan teknologi semikonduktor dan perangkat lunak generasi berikutnya yang berfokus pada “Software Defined Vehicle” atau yang disebut dengan SDV.

Bagi anda yang belum tahu, SDV merupakan konsep kendaraan yang fitur-fiturnya dikontrol dan diubah melalui perangkat lunak yang dapat dimodifikasi. SDV menandai evolusi dalam industri otomotif, di mana perangkat keras dan perangkat lunak kendaraan dipisahkan, memberikan fleksibilitas untuk peningkatan dan personalisasi fitur kendaraan setelah produksi atau penjualan.

Honda Motor dalam pernyataannya mengatakan bahwa mulai tahun 2030, penggunaan teknologi pintar dan kecerdasan buatan (AI) diperkirakan akan meningkat pesat di seluruh masyarakat. Kendaraan berbasis SDV diharapkan menjadi tren utama dalam mobilitas masa depan. Berbeda dengan kendaraan tradisional, SDV menawarkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pemrosesan, efisiensi daya, serta kompleksitas desain semikonduktor.

Kedua perusahaan percaya bahwa untuk mengatasi tantangan ini dan menciptakan SDV yang sangat kompetitif, kemampuan untuk mengembangkan teknologi semikonduktor dan perangkat lunak generasi terbaru secara mandiri sangatlah penting. Di tengah persaingan ketat di bidang sistem pengemudian otomatis dan bantuan pengemudian lanjutan, permintaan untuk SDV diperkirakan akan terus meningkat di masa mendatang.

Dari pernyataan yang dirilis, diketahui bahwa nota kesepahaman ini menetapkan bidang penelitian bersama yang potensial antara Honda dan IBM. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan secara signifikan dan mengurangi konsumsi daya. Honda menyatakan akan mempertimbangkan pengembangan bersama teknologi semikonduktor seperti microchip.

Di sisi teknologi perangkat lunak, Honda bertujuan untuk meningkatkan kinerja produknya dan mempercepat siklus pengembangan melalui optimasi yang terintegrasi dengan perangkat keras. Mereka juga berencana mengeksplorasi solusi perangkat lunak yang terbuka dan juga fleksibel.

Dalam pernyataan resmi Honda, melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan bertujuan untuk mencapai SDV dengan kecepatan pemrosesan tertinggi di dunia dan efisiensi energi terbaik. Dengan kerja sama ini, Honda dan IBM berupaya menghadirkan inovasi teknologi yang tidak hanya meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga mendukung mobilitas masa depan yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Sumber: IBM Newsroom

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *