Disc Optik Bakal Tampung 100 Terabyte Data

0

Di tengah tren digitalisasi yang kian menguat dan upaya operator pusat data untuk mencari metode penyimpanan yang lebih efisien, teknologi disk optik ternyata tak henti berinovasi. Sebuah penelitian terbaru menawarkan harapan baru dengan mengungkapkan cara membuat disk mirip DVD yang mampu menyimpan data setara ratusan hingga ribuan disk Blu-ray!

Para peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Shanghai berhasil mengembangkan disk optik dengan kapasitas lebih dari 1 petabit data, setara dengan lebih dari 100 terabyte. Meskipun saat ini lebih dikhususkan untuk penggunaan industri, potensinya untuk menjangkau konsumen pun terbuka lebar setelah melewati beberapa tantangan.

Kehebatannya terletak pada arsitektur perekaman 3D planar. Teknologi ini menggunakan film photoresist yang sangat transparan dan seragam, dicampur dengan zat pewarna emisi agregasi terinduksi, dan diaktifkan oleh laser femtosecond.

Dengan cara ini, ratusan lapisan data dapat ditumpuk dalam jarak 1 mikrometer pada disk setebal DVD atau Blu-ray. Padahal, disk Blu-ray paling canggih saat ini hanya mampu menampung 4 lapis, dengan kapasitas sekitar 100 gigabyte per disk. Bandingkan dengan pencapaian baru ini, di mana 100 lapis dapat direkam pada kedua sisi disk, menghasilkan kapasitas total 1,6 petabit, atau sekitar 200 terabyte!

Bayangkan, dengan menumpuk disk-disk petabit ini, pusat data yang biasanya berukuran eksabit dapat dikurangi drastis. Konsolidasi server juga akan secara signifikan menurunkan konsumsi panas dan energi. Selain itu, disk optik berkapasitas ekstrem ini dapat menyederhanakan migrasi data dan meminimalkan kebutuhannya. Keunggulan lain adalah umur simpan yang panjang – peneliti mengklaim disk petabit dapat bertahan 50 hingga 100 tahun.

Meski kompatibel dengan teknologi disk optik saat ini, para peneliti belum mengembangkan drive yang cepat dan terjangkau untuk membaca dan menulis data pada disk tersebut. Jika ini terwujud, disk baru ini dapat menyimpan data setara dengan puluhan hard drive, 2.000 disk game PlayStation 5, atau jumlah serupa disk Blu-ray 4K.

Tak hanya untuk media hiburan, pengembang menyarankan disk petabit dapat menjadi “pusat data pribadi” bagi individu atau keluarga. Seluruh data penting dapat disimpan pada satu drive di rumah, alih-alih tersebar di berbagai perangkat dan server cloud.

Penelitian ini bukan satu-satunya inovasi dalam bidang penyimpanan data. Pada tahun 2021, peneliti dari Universitas Southampton mengusulkan metode “5D” untuk menyimpan data pada disk kaca. Menggunakan laser hemat energi, teknologi ini dapat menyimpan 500TB pada disk seukuran DVD, namun masih membutuhkan peningkatan kecepatan baca dan tulis.

Kemajuan-kemajuan ini menjanjikan masa depan yang menarik bagi penyimpanan data. Dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, efisiensi yang lebih tinggi, dan umur simpan yang lebih panjang, teknologi ini berpotensi mengubah cara kita menyimpan dan mengakses data, baik untuk keperluan industri maupun individu.

Sumber: Techspot

Gambar: Bing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *