Ad imageAd image

Ayaneo AG01 Diperkenalkan, Docking GPU Eksternal untuk Handheld Gaming PC

Dimas Galih Windudjati

Ayaneo yang saat ini dikenal sebagai produsen PC gaming genggam premium, mengumumkan ekspansinya ke pasar external GPU (eGPU). Melalui teaser singkat di media sosial, Ayaneo memperkenalkan docking GPU pertamanya, yaitu AG01, yang tampil memukau dengan gaya retro sci-fi era 80-an.

Berbeda dari para pesaing yang mengandalkan desain simpel dan gelap, Ayaneo justru ingin membuat AG01 menjadi pusat perhatian. Dock ini hadir dengan desain menyerupai pesawat luar angkasa retro, dibalut warna hitam matte dan maroon. Lingkaran cahaya RGB di tepinya semakin mempertegas kesan wahala layaknya pesawat luar angkasa Star Wars.

Meski masih minim informasi, teaser tersebut belum mengungkap spesifikasi detail, termasuk jenis GPU yang digunakan. Belum ada keterangan resmi mengenai port yang tersedia di dock ini. Namun, jika melihat kompetitor terdekatnya, GPD G1, spesifikasi Ayaneo AG01 kemungkinan akan serupa.

GPD G1 merupakan eGPU compact yang menggunakan mobile AMD RX 7600M XT 8GB GDDR6, kompatibel dengan perangkat Thunderbolt 3/4, USB 4, atau Oculink. GPD sendiri merupakan perusahaan asal Shenzhen yang menyediakan dock eksternal kartu grafis yang diklaim paling kecil.

Fungsi utama AG01 adalah meningkatkan performa grafis untuk lini PC gaming genggam Ayaneo yang sudah ada. GPU mobile kelas menengah mungkin terdengar biasa saja, mengingat eGPU lain bisa memuat kartu grafis desktop bertenaga penuh. Namun, kehadiran GPU diskret apapun menjadi peningkatan signifikan untuk PC gaming genggam yang selama ini hanya mengandalkan integrated graphics (kecuali tablet Razer lawas dengan GPU GT 640M LE).

Ayaneo rencananya akan membagikan detail lebih lanjut mengenai dock GPU AG01 dalam 10 hari ke depan. Pengumuman itu akan dilakukan tepatnya pada 18 Mei 2024 mendatang di acara Remake Sharing Session.

Sumber: Tomshardware

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *