Apple A17 Pro Bukan sebuah Chipset dengan Arsitektur Baru?

0

A17 Pro mungkin menjadi chipset 3nm pertama di industri, tetapi berbagai kebocoran dan metrik performa mengungkapkan bahwa cip ini hanya memberikan sedikit peningkatan performa dibandingkan A16 Bionic. Misalnya, silikon terbaru hanya berhasil mendapatkan peningkatan satu digit dalam tes multi-core dibandingkan SoC tahun lalu, dengan sisi GPU hanya memperoleh peningkatan 20 persen.

Sekarang, alasan perbedaan kecil ini adalah karena kebocoran baru menunjukkan A17 Pro dan A16 Bionic mungkin tidak terlalu berbeda satu sama lain, dengan bagian terbaru disarankan sebagai versi yang ditingkatkan yang membawa kecepatan clock yang lebih tinggi dan pengoptimalan lainnya. Kebocoran tersebut terkait dengan codename yang diberikan ke inti kinerja dan efisiensi chipset, dan kami akan melihat lebih dekat bukti itu.

Core A17 Pro dan A16 Bionic berbagi codename “H15” yang sama, menunjukkan bahwa Apple mungkin baru saja meningkatkan yang terakhir sambil beralih ke proses 3nm

Kebocoran yang menunjukkan codename berasal dari akun Weibo yang dirahasiakan, tetapi Revegnus telah memposting gambar di bawah dari akun Twitter atau X-nya yang menunjukkan kesamaan antara A17 Pro dan A16 Bionic. Setiap inti kinerja dan efisiensi dari suatu chipset dipisahkan oleh codename. Untuk A15 Bionic, itu adalah H14C, dan untuk A16 Bionic, itu adalah H15. Namun, yang paling menarik adalah untuk A17 Pro, codename yang digunakan adalah ‘H15 Coll.’

Jika silikon 3nm pertama Apple benar-benar berbeda, seharusnya diberi codename yang sama sekali baru, seperti H16, tetapi bukan itu masalahnya di sini. Dalam postingannya, Revegnus menyatakan bahwa A17 Pro mungkin merupakan iterasi yang ditingkatkan dari A16 Bionic yang telah diberikan inti GPU tambahan, memiliki kecepatan clock yang ditingkatkan untuk inti kinerja, dan dilengkapi dengan lebih banyak pengoptimalan.

Dapat juga memperhatikan bahwa menurut pengajuan peraturan Tiongkok, meskipun semua model iPhone 15 memiliki baterai yang lebih besar daripada pendahulunya langsung, mereka memiliki waktu operasional yang sama dengan jajaran iPhone 14, yang seharusnya tidak terjadi ketika Anda memiliki SoC 3nm yang efisien yang menggerakkan bagian dalamnya. Apple tidak menunjukkan grafik apa pun dengan A17 Pro yang berdiri di atas pesaing dalam kategori apa pun, yang berarti pasti ada sesuatu yang disembunyikan.

Ada kemungkinan bahwa silikon ini hanyalah produk ‘stop-gap’ lainnya dan bahwa peningkatan yang sebenarnya terlihat dengan A18 Pro atau A18 Bionic, apa pun yang Apple putuskan untuk menamai chip iPhone unggulan tahun depan. Untuk saat ini, siapa saja yang memiliki iPhone 14 dan berencana untuk meningkatkan ke iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mungkin akan memikirkan kembali keputusan pembelian mereka.

Sumber: WCCFtech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *