Aplikasi Kahoot! Kini Tersedia dalam Bahasa Indonesia

0

Menyebut nama Kahoot! ke pengguna di Indonesia mungkin akan mengingatkan mereka ke event kuis di suatu acara. Padahal Kahoot! sebenarnya lebih dari sekadar itu, karena sejatinya Kahoot! adalah sebuah platform edutech global yang lebih banyak digunakan di sekolah dan platform pendidikan lainnya.

Menariknya, Kahoot! baru saja mengumumkan bahwa kini mereka resmi menghadirkan Bahasa Indonesia di dalam layanannya. Ditambahkannya dukungan Bahasa Indonesia pada Kahoot! merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman belajar interaktif terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Keputusan lokalisasi bahasa tersebut diambil karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna yang pesat. Ada lebih dari 15 juta pemain non-unik sepanjang 12 bulan terakhir. Ini juga mencakup lebih dari 1,2 juta siswa, dengan lebih dari 115.000 guru yang telah melakukan sesi belajar bagi siswa mereka di Kahoot!. 

“Indonesia merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan Kahoot!, tidak hanya pada tingkat regional di Asia, tapi juga pada tingkat global,” kata Eilert Hanoa, CEO Kahoot! dalam rilisan resminya.

Eilert juga menyebut bahwa dirinya percaya kehadiran Bahasa Indonesia di Kahoot! akan dapat menjangkau lebih banyak guru, dosen, pelajar, pekerja atau siapa pun yang ingin merasakan peluang pembelajaran tanpa batas di manapun mereka berada.

Ekspansi ini juga sejalan dengan tren pendidikan yang berfokus pada peningkatan literasi digital dan mempromosikan praktek pendidikan yang inovatif. Kahoot! juga memungkinkan para pengguna untuk merancang, menciptakan dan membagikan konten pendidikan yang lebih relevan dengan kebudayaan lokal. 

Kehadiran Bahasa Indonesia ke dalam platform Kahoot! merupakan yang ke-5 di Asia. Bahkan Indonesia menjadi negara pertama di wilayah Asia Tenggara yang memiliki dukungan bahasa tersendiri. Sebelumnya, Kahoot! telah mendukung Bahasa Jepang, Korea, serta Bahasa Tionghoa Sederhana, dan Tradisional.

Tidak berhenti di Kahoot!, aplikasi asal Norwegia ini juga memberikan dukungan Bahasa Indonesia ke dalam aplikasi mereka lainnya, yaitu Kahoot Kids. Seperti namanya, aplikasi ini didesain dan disesuaikan untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun. Sehingga para orang tua dapat mendukung anak-anak mereka dalam membangun keterampilan inti mereka.

Ke depannya, Kahoot! berjanji akan terus berinovasi guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, dan melanjutkan peran sebagai mitra yang dapat diandalkan bagi guru, siswa, dan seluruh individu yang mencari pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *