Alibaba Luncurkan Generative AI dan Kerjasama dengan Beberapa Universitas di Indonesia

0

Alibaba Cloud yang merupakan tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, memperkuat komitmennya di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan meluncurkan produk AI generatif terdepan. Rangkaian solusi ini dirancang untuk memberdayakan pelaku bisnis lokal dan membuka peluang baru di tengah lanskap AI yang berkembang pesat.

Sean Yuan selaku Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence mengatakan bahwa Alibaba berkomitmen untuk menghadirkan produk dan teknologi terdepan yang teruji, khususnya yang diperkaya dengan kemampuan AI generatif, ke pasar Indonesia. Tujuannya adalah memungkinkan pelanggan mengadopsi inovasi dan membuka jalur baru untuk pertumbuhan.

Untuk hal tersebut, Alibaba Cloud memperkenalkan tiga produk AI generatif baru:

  • PAI-EAS: Platform AI-Elastic Algorithm Service (EAS) mendukung alokasi sumber daya komputasi sesuai permintaan, dan mengurangi biaya inferensi model AI hingga 50%. Layanan ini mendukung penerapan LLM open-source terkenal dan model AI ModelScope dari Alibaba.
  • Enterprise RAG: Layanan Retrieval-Augmented Generation (RAG) Enterprise membantu pelanggan menyempurnakan LLM mereka sendiri untuk akurasi spesifik-domain yang lebih baik dan lebih hemat biaya.
  • Integrasi Vector Engine: Integrasi ini memfasilitasi akses bisnis Indonesia ke LLM yang berbeda dan penciptaan aplikasi AI generatif yang disesuaikan untuk membantu bisnis membuka lebih banyak potensinya.

Cloud asal negeri Tiongkok ini juga berkomitmen untuk memberdayakan talenta lokal dengan meluncurkan program pelatihan “Alibaba Cloud Associate – Generative AI Training”. Program ini berkolaborasi dengan universitas-universitas ternama di Indonesia seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Pelita Harapan.

Para pengajar di universitas akan menerima pelatihan tentang kemajuan terbaru dalam teknologi AI generatif, sehingga mereka dapat memberikan pengetahuan khusus ini kepada para mahasiswa.

Alibaba Cloud terus memperluas ekosistem kemitraannya di Indonesia. Kolaborasi dengan perusahaan seperti 6Estates membantu lembaga keuangan dengan pemrosesan dokumen cerdas dan otomatisasi alur kerja yang didukung AI. Alibaba Cloud juga telah menjadi penyedia layanan cloud tepercaya bagi banyak perusahaan di Indonesia, seperti Mekari, Skolla, dan Bank Nagari.

Dengan menghadirkan produk AI generatif terdepan, program pelatihan inovatif, dan kolaborasi yang luas, Alibaba Cloud berkomitmen untuk mendukung transformasi digital Indonesia dan membangun masa depan yang lebih cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *