Perkembangan teknologi digital telah merambah ke berbagai sektor, termasuk kesehatan. Di Indonesia, upaya untuk menghadirkan layanan kesehatan yang lebih berkualitas dan efisien terus digencarkan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah Indibiz Health, sebuah platform digital dari Telkom Indonesia yang dirancang khusus untuk sektor kesehatan.
Indibiz Health hadir dengan beragam fitur yang dapat membantu fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit hingga puskesmas, dalam mengelola operasional dan meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu fitur unggulannya adalah integrasi dengan sistem SATUSEHAT, sebuah inisiatif pemerintah untuk mengintegrasikan data kesehatan secara nasional. Dengan integrasi ini, data pasien dapat diakses dengan mudah dan aman oleh berbagai pihak yang berkepentingan.
Indibiz Health: Sederhanakan Proses, Tingkatkan Efisiensi
Salah satu tantangan terbesar dalam pengelolaan layanan kesehatan adalah kompleksitas data dan proses administrasi. Indibiz Health hadir sebagai solusi untuk menyederhanakan proses tersebut. Melalui platform ini, tenaga kesehatan dapat dengan mudah mengakses rekam medis pasien, melakukan penjadwalan, dan mengelola obat-obatan. Selain itu, Indibiz Health juga dapat membantu dalam mengelola keuangan dan klaim asuransi.
Dina Ristina Putri, petugas rekam medis Puskesmas 7 Ulu Palembang, merasakan manfaat langsung dari penggunaan Indibiz Health. “Dengan solusi digital ini, kami sangat terbantu dalam proses operasional di Puskesmas. Pencarian nomor rekam medis dan melihat jumlah kunjungan pasien semua bisa dikerjakan secara mudah,” ujarnya. “Dengan menggunakan solusi digital dari Indibiz Health, kami sangat terbantu dalam proses operasional di Puskesmas. Dari mencari nomor rekam medis dan melihat jumlah kunjungan pasien semua bisa dikerjakan secara mudah. Semua fungsi system data juga sudah terintegrasi antar unit di Puskesmas, BCare, Mobile JKN dan Satu Sehat,”
Senada dengan Dina, Tauhid Aminudin, Head of IT RSU Andhika, juga mengakui bahwa layanan kesehatan ini telah sangat membantu dalam proses rekam medis elektronik (RME). “Awalnya kami menggunakan paket standar, namun karena kebutuhan Rumah Sakit untuk menerapkan RME, kami mengupgrade solusi digital Indibiz Health ke paket enterprise yang langsung terintegrasi dengan SATU SEHAT dan BPJS,” jelas Tauhid.
Layanan ini tidak hanya menyasar pada proses administrasi, tetapi juga pada aspek pelayanan pasien. Dengan platform ini, pasien dapat dengan mudah membuat janji, mengakses informasi tentang dokter, dan melakukan pembayaran secara online. Hal ini tentu saja meningkatkan kepuasan pasien dan mempermudah akses mereka terhadap layanan kesehatan.
Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia memiliki visi untuk mendorong transformasi digital di seluruh sektor, termasuk kesehatan. Dengan menghadirkan Indibiz Health, Telkom berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan proses manajemen dan operasional layanan kesehatan juga lebih mudah. Dan telah dipercaya oleh ratusan pelanggan yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia.
Lalu siapa saja yang sudah menggunakan solusi digital tersebut? Beberapa di antaranya adalah RS Kasih Ibu Surakarta, RS Metropolitan Medical Center, Klinik Garuda Sentra Medika, RSU Andhika, Klinik Kita dan Puskesmas 7 Ulu Palembang dan ratusan puskesmas serta apotek lainnya.