PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan signifikan dalam penggunaan data selama periode Ramadan dan Lebaran 2024. Dibandingkan hari normal, trafik data melonjak 16%, didorong oleh antusiasme masyarakat untuk mudik dan merayakan Lebaran.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengungkapkan, “Kenaikan trafik ini menunjukkan tingginya ketergantungan masyarakat pada layanan digital, terutama untuk streaming video, media sosial, dan browsing.”
Streaming video mendominasi, e-commerce melonjak
Selama periode Lebaran, layanan streaming video mendominasi trafik data dengan 59%, diikuti web browsing (18%) dan media sosial (15%). Aplikasi streaming yang paling banyak diakses adalah YouTube (naik 17%), TikTok (naik 14%), Netflix (naik 42%), dan Spotify (naik 23%).
Trafik media sosial juga mengalami peningkatan, dengan WhatsApp naik 59%, Instagram (naik 25%), dan Facebook (naik 15%). E-commerce pun tak mau ketinggalan, dengan lonjakan trafik hingga 650%.
Data XL Axiata menunjukkan perpindahan pelanggan yang dinamis selama Lebaran. Provinsi Jawa Tengah mengalami kenaikan trafik tertinggi (32%), diikuti Nusa Tenggara Barat (21%), Lampung (19%), Sumatera Barat (17%), dan Aceh (16%).
Di tingkat kabupaten, Kebumen (Jawa Tengah) mencatat kenaikan trafik tertinggi (68%), diikuti Cilacap (Jawa Tengah) dan Pemalang (Jawa Tengah). Secara lengkap, dapat dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21%
3. Provinsi Lampung, 19%
4. Provinsi Sumatera Barat, 17%
5. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, 16%
6. Provinsi Jawa Timur, 15%
7. Provinsi Sumatera Utara, 14%
8. Provinsi Sumatera Selatan, 13%
9. Provinsi Jawa Barat, 13%
10. Provinsi Kalimantan Selatan, 7%
Trafik XL Axiata di Jabodetabek turun
Menariknya, trafik di Jabodetabek justru turun 7% selama Lebaran. Hal ini menunjukkan tingginya tingkat perpindahan pelanggan ke luar Jabodetabek. Penurunan ini diimbangi dengan trafik stabil layanan XL Satu, dengan Instagram (24%), Netflix (18%), TikTok (10%), Vidio (8%), dan YouTube (7%) sebagai layanan yang paling banyak diakses.
“Untuk memastikan kelancaran layanan, kami meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat dan mengerahkan 94 mobile BTS,” ujar Gede. Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 57 juta pelanggan dan 160 ribu BTS, dengan mayoritas 4G. Jaringan fiber optik sepanjang 159 ribu km menopang jaringan data di seluruh Indonesia.