Tips Digitalisasi Foto dan Arsip dari Western Digital

0

Pernahkah Anda menemukan album foto lama di rumah dan tenggelam dalam kenangan indah bersama keluarga? Di era digital ini, momen-momen berharga tersebut dapat diabadikan dengan mudah melalui kamera digital dan smartphone. Namun, bagaimana dengan foto dan video lama yang masih tersimpan dalam bentuk fisik?

Seiring perkembangan zaman, arsip keluarga yang tersimpan dalam bentuk fisik seperti foto cetak dan kaset video terancam punah. Jika tidak dijaga dan diabadikan oleh generasi penerus, kenangan berharga dari generasi sebelumnya akan hilang ditelan usia.

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan emas untuk memulai proses digitalisasi arsip keluarga. Dengan mengabadikan foto, video, dan dokumen penting secara digital, kita dapat memastikan bahwa kenangan tersebut akan aman terjaga dan dapat diakses oleh generasi mendatang.

Western Digital memberikan beberapa tips untuk melakukan digitalisasi foto-foto dan arsip keluarga. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mendigitalisasi arsip keluarga:

1. Pilah dan Pilih Arsip yang Ingin Didigitalisasi

Langkah pertama adalah mengumpulkan semua arsip fisik yang ingin didigitalisasi, seperti foto, video, dan dokumen. Kemudian, pilah dan pilih arsip tersebut berdasarkan kategori, seperti tahun, tempat, atau acara spesial. Hal ini akan memudahkan proses pencarian dan pengorganisasian arsip digital nantinya.

2. Pilih Solusi Penyimpanan Digital yang Tepat

Setelah arsip dipilah, pilihlah solusi penyimpanan digital yang tepat. Pastikan solusi penyimpanan tersebut memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung semua arsip Anda. Selain itu, pilihlah solusi penyimpanan yang tahan lama dan mudah digunakan.

Salah satu solusi yang dihadirkan Western Digital adalah SanDisk Extreme Portable SSD. SSD portabel ini memiliki kinerja yang tinggi untuk membantu pengguna memindahkan data dalam sekejap. Selain itu, SSD dilengkapi dengan proteksi jatuh hingga tiga meter serta ketahanan terhadap air dan debu IP65 yang membuatnya kokoh untuk dibawa ke mana-mana.

Faktanya, USB masih merupakan pilihan utama masyarakat Indonesia untuk solusi penyimpanan file. Berdasarkan riset Western Digital di tahun 2022, rata-rata setiap orang Indonesia mempunyai 3 USB dan 79% diantaranya masih berencana untuk menambah USB mereka. Sejalan dengan tren global, 74% orang Indonesia lebih memilih untuk membeli USB OTG dual connector, dan konektor Type-C menjadi pilihan yang paling populer (71%).

3. Lakukan Pendigitalisasian dan Backup Data

Anda dapat menggunakan scanner untuk mendigitalisasi foto dan dokumen, sedangkan untuk video, Anda dapat menggunakan perangkat perekam video atau software khusus. Setelah arsip didigitalisasi, pastikan untuk melakukan backup data secara rutin untuk menghindari kehilangan data.

Ada banyak opsi yang tersedia untuk mempermudah back-up data. Selain SanDisk Extreme Portable SSD, pilihan lain adalah dengan USB on-the-go. Baru-baru ini, Western Digital meluncurkan SanDisk Ultra Dual Drive Go Type-C dengan berbagai pilihan warna menarik (Absinthe Green, Lavender, Navagio Bay dan Hitam) serta kinerja yang ditingkatkan hingga 400MB/s untuk kecepatan baca. Bagi pengguna yang lebih suka tampilan metalik dan sleek, SanDisk Ultra Dual Drive Luxe juga hadir dalam warna Silver dan Gold.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *