Ad imageAd image

Galaxy AI Sudah Mendukung Bahasa Indonesia

DiGaL
By DiGaL

Samsung Electronics Indonesia mengumumkan kabar gembira bagi para pengguna Galaxy S24 Series, yaitu hadirnya opsi Bahasa Indonesia di Galaxy AI. Kehadiran fitur ini menandakan komitmen Samsung dalam menghadirkan teknologi AI yang mudah diakses oleh para penggunanya di Indonesia.

Sejak diluncurkan pada awal tahun ini, Galaxy AI telah mendukung 13 bahasa. Kini, dengan penambahan Bahasa Indonesia, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur AI seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist dengan lebih mudah dan nyaman.

Salah satu fitur yang paling dinantikan adalah Interpreter, yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa asing secara real-time. Pengguna dapat memilih bahasa yang digunakannya dan bahasa lawan bicara dan Galaxy AI akan menerjemahkan percakapan secara akurat.

Language packs untuk Galaxy AI

Fitur Live Translate pun tak kalah menarik. Pengguna dapat menerjemahkan percakapan telepon secara langsung, dengan hasil terjemahan ditampilkan di layar perangkat. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering berkomunikasi dengan orang asing, baik melalui telepon maupun aplikasi pesan singkat.

Bagi pengguna yang ingin meningkatkan produktivitas, Chat Assist dan Transcript Assist hadir untuk membantu. Chat Assist dapat membantu pengguna menulis email atau pesan singkat dengan gaya bahasa yang formal dan sesuai EYD. Fitur ini juga memberikan rekomendasi gaya bahasa lain agar tulisan menjadi lebih mengalir dan natural.

Sementara itu, Transcript Assist memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan rekaman suara ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin merangkum pembicaraan di meeting, seminar, ataupun perkuliahan.

Galaxy AI Bahasa Indonesia untuk Interpreter

Selain Bahasa Indonesia, Galaxy AI kini juga mendukung Bahasa Arab dan Bahasa Rusia. Dengan total 16 pilihan bahasa yang tersedia, pengguna dapat merasakan pengalaman komunikasi lintas bahasa dengan lebih mudah dan praktis. Opsi Bahasa Indonesia di Galaxy AI tersedia untuk semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI, termasuk Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta seri Tab S9 (5G) dan Tab S9 (Wi-Fi).

Langkah-langkah Mengaktifkan Bahasa Indonesia di Galaxy AI

Pengguna Galaxy S24 Series bisa mengaktifkan Bahasa Indonesia di Galaxy AI dengan 3 langkah berikut ini:

  1. Usap layar ke atas (swipe up)
  2. Ketik “Language Packs” pada kolom Search, pilih “Language Packs for translation
  3. Download “Indonesia”. Pastikan Anda memiliki koneksi internet

Untuk bisa menggunakan bahasa Indonesia pada Galaxy AI di setiap fitur yang ada, bisa dicoba cara berikut ini:

  • Interpreter: Buka panel “Quick Settings” > pilih “Interpreter” > atur bahasa yang digunakan dan bahasa lawan bicara > tap ikon mikrofon untuk mulai berbicara.
  • Live Translate: Buka “Settings” > pilih “Advanced features” > pilih “Advanced intelligence” > pilih “Phone” > tap toggle agar berada di posisi On > atur Bahasa Indonesia di bagian “Me” dan bahasa orang lain di bagian “Others”.
  • Chat Assist: Buka “Settings” > pilih “Advanced features” > pilih “Advanced Intelligence” > pilih “Samsung Keyboard” > pilih “Chat Translation” > tap toggle agar berada di posisi On > unduh Bahasa Indonesia dan pilih untuk mengaktifkannya.
  • Transcript Assist: Buka aplikasi “Voice Recording” > pilih file rekaman yang diinginkan > pilih opsi “Transcribe” > pilih bahasa > tap “Transcribe”.
Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *