AI Eraser Hilang di Smartphone Realme GT 6? Ikuti Tips Ini!

Dimas Galih Windudjati

Jajaran smartphone realme saat ini datang dengan fitur baru, yaitu Next AI. Next AI sendiri adalah teknologi kecerdasan buatan terbaru dari Realme yang diperkenalkan pada smartphone mereka, yang salah satunya adalah Realme GT 6. Teknologi ini berfokus pada tiga pilar utama: pencitraan, efisiensi, dan personalisasi.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Next AI:

  1. Night Vision: Fitur ini memungkinkan pengambilan video malam hari dengan kualitas yang sangat baik, berkat algoritma malam yang canggih dan sensor kamera terbesar di segmennya.
  2. AI Eraser: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto dengan mudah. AI akan menggantikan objek yang dihapus dengan latar belakang yang sesu.
  3. AI Smart Loop: Fitur ini mengenali konten yang Anda tekan lama dan memberikan rekomendasi yang tepat untuk langkah selanjutnya. Misalnya, jika Anda menekan lama pesan teks untuk reservasi hotel, fitur ini akan menyarankan peta untuk menuju ke lokasi tersebut
  4. AI Ultra Clarity: AI ini merupakan bagian dari arsitektur HyperImage+ yang bakal meningkatkan resolusi gambar yang buram serta memperbaiki wajah dengan algoritma tertentu.

AI Eraser Tidak Ada?

Tidak ada AI Eraser

Beberapa waktu yang lalu, saya mengambil gambar dengan menggunakan smartphone realme GT 6. Tentu saja, hal tersebut dikarenakan perangkat ini merupakan salah satu smartphone yang memiliki kamera bagus untuk mengambil gambar. Oleh karena saya mengambil gambar di tengah keramaian, tentu saja saya ingin menghilangkan beberapa obyek mengganggu pada gambar tersebut.

Ternyata saat ingin menggunakan AI Eraser, saya tidak menemukan icon tersebut. AI Ultra Clarity adalah satu-satunya AI yang ada pada aplikasi editor gambar bawaan realme tersebut. Salah seorang rekan juga mengatakan bahwa beberapa unit realme GT 6 terdeteksi tidak memiliki fitur ini walaupun sudah menggunakan firmware terakhir.

Tentunya, hal ini bakal membingungkan banyak orang yang menggunakan perangkat tersebut. Apakah ini bug?

Update!

Setelah beberapa lama mengutak atik perangkat ini, akhirnya saya menemukan caranya. Ternyata, AI yang ada di realme tidak langsung ter-update pada saat melakukan firmware update. Entah karena bug atau hal lainnya, algoritma AI pada perangkat ini tidak secara otomatis ter-update.

Untuk melakukan pembaruan AI pada perangkat ini, Anda membutuhkan koneksi internet. Lalu, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke Settings dari smartphone realme GT 6 atau 13 Pro Series Anda (saat artikel ini dibuat, hanya 2 lini smartphone tersebut yang memiliki Next AI)
  2. Masuk ke System & Update dan pada menu tersebut, masuk ke System Services
  3. Di sana, Anda akan menemukan AI Service Engine dan masuk ke pilihan tersebut
  4. Klik pada Algorithm Plugin Update untuk melakukan update. Jangan lupa untuk mematikan dan menyalakan kembali Automatically download and update over Wi-Fi.

Cek kembali editor gambar dan voila, AI Eraser pun telah tersedia di sana.

AI Eraser telah muncul

Sekarang, Anda bisa langsung menghapus obyek-obyek mengganggu pada foto dengan mudah.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *